Keliobas, Dalila (2009) Penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Mata pelajaran IPA SDN Cangkringmalang III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Dalila Keliobas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Keliobas Dalila 2009 Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA SDN Cangkringmalang III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M. Pd (II) Drs.A. Badawi M. Pd Kata Kunci Pendekatan Inkuiri Prestasi Belajar IPA SD Proses pembelajaran IPA menekankan bagaimana siswa belajar dan terlibat langsung sangat dipegaruhi oleh apa yang sebenarnya ingin dipelajari siswa dan untuk mengembangkan kompetensi agar dapat menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan peneliti dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri di kelas IV SDN Cangkringmalang III (2) Untuk mengetahui dan mengkaji tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran IPA kelas IV SDN Cangkringmalang III (3) Untuk mengetahui dan mengkaji peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan silus II. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cangkringmalang III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan dengan jumlah 30 siswa Data penelitian ini diperoleh melalui tes wawancara dan observasi. Hasil penelitian pembelajaraan IPA menggunakan pendekatan inkuiri lebih efektif dan lebih memberikan bimbingan pada siswa. Meningkat pada siklus I dan II yaitu 86 % dan 93%. Tanggapan siswa pada penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan inkuiri mencapai mencapai 96 6%. Prestasi belajar siswa menunjukan adanya peningkatan dari nilai rata-rata sebelum menggunakan pendekatan inkuiri mencapai 50 16 dengan 27 orang siswa (90%) yang belum tuntas dan hanya 3 orang siswa yang tuntas (10%) setelah menggunakan pendekatan inkuiri nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 64 33 dan diperoleh hasil 20 orang siwa (60%) yang belum tuntas dan hanya 10 siswa yang tuntas (33 3%. pada siklus II dari 30 siswa diperoleh hasil 29 siswa (96%) mencapai ketuntasan individu dan 1 siswa (3 33%) belum mencapai ketuntasan individu namun untuk ketuntasan kelas sudah memenuhi kriteria 80% lebih dengan nilai rata-rata yang diperoleh 80 3. Dari hasil peelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pendekatan inkuiri dalam mengajar IPA. Bagi peneliti lain diharapkan untuk meneliti pendekatan yang lain daam rangka meningkatakan mutu pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102527 |
Actions (login required)
View Item |