Rahadat, Antonius (2009) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn topik sistem pemerintahan desa dan kecamatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan / Antonius Rahadat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mata pelajaran PKn bertujuan untuk menjadikan siswa agar mampu berpikir secara kritis rasional dan kreatif dalam menanggapi persoalan hidup maupun isu kewarganegaraan di negaranya. Namun dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan masih berpusat pada guru sehingga aktivitas siswa tidak terlihat dan hasil belajar masih kurang dari standar kelulusan minimal. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka belajar akan berpusat pada siswa (student centered) sehingga situasi belajar siswa akan terlihat dan hasil belajarnya akan meningkat. Masalah yang diteliti dalam pembelajaran ini adalah tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Tujuan dari penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan situasi belajar siswa kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan pada pembelajaran kooperatif tipe STAD. (b) mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilakukan di SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Arjosari I yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang dilakukan untuk mengetahui proses belajar siswa dan tes (post test) yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa secara individu maupun kelompok. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari hasil observasi situasi belajar siswa kelas IV SDN Arjosari I pada pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat meningkat karena adanya interaksi antara siswa dan siswa dalam kelompok belajar maupun adanya interaksi antara siswa dan guru serta adanya interaksi antara guru dan siswa. Hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso mengalami peningkatan. Pada pra tindakan rata-rata kelas hanya mencapai 61 siklus I rata-rata kelas 70 dan pada siklus II rata-rata kelas adalah 86. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Arjosari I Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102526 |
Actions (login required)
View Item |