Penerapan media gambar seri untuk peningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Kusadalina Adi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media gambar seri untuk peningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Kusadalina Adi

Adi, Kusadalina (2010) Penerapan media gambar seri untuk peningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas V SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Kusadalina Adi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adi Kusadalina. 2009. Penerapan Media Gambar Seri untuk Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan pada Siswa Kelas V SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Winihasih M.Pd. (2) Drs. H. Rumidjan M.Pd. Kata Kunci Media Gambar Seri Kemampuan Menulis Sekolah Dasar. Salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai oleh Siswa kelas V Sekolah Dasar adalah kemampuan menulis khususnya kemampuan menulis karangan. Hal ini dilakukan karena melalui kegiatan menulis siswa dapat menyampaikan ide pesan pendapat dan peristiwa kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Masalah yang terjadi di kelas pada waktu kegiatan observasi di SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan pada umumnya Siswa belum mempunyai kemampuan menulis karangan yang memadai. Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini mempunyai dua tujuan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas pembelajaran kemampuan menulis karangan menggunakan media gambar seri Siswa kelas V SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis melalui media gambar seri Siswa kelas V SDN Gamirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) mencakup dua siklus melalui tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjektif penelitian Siswa kelas V SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 28 orang Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan wawancara catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika telah dicapai kriteria ketuntasan sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subjek penelitian dengan rata-rata skor minimal 70% Hasil penelitian menunjukan (1) aktivitas pembelajaran menulis karangan melalui media gambar seri di kelas V SDN Gambirkuning Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan mengalami peningkatan (2) hasil pembelajaran menulis karangan melalui media gambar seri mengalami peningkatan 44% pada siklus 1 dan menglami peningkatan sebesar 43% pada siklus II Kesempulan penelitian ini adalah (1) media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas Siswa dalam pembelajaran menulis karangan (2) hasil pembelajaran menulis karangan melalui media gambar seri mengalami peningkatan. Oleh karena itu guru disarankan menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran menulis karangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102524

Actions (login required)

View Item View Item