Peningkatan prestasi belajar matematika melalui penggunaan kartu bilangan di kelas II SDN Cangkringmalang III Kecamatan Beji-Pasuruan / Mbiarut Latar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar matematika melalui penggunaan kartu bilangan di kelas II SDN Cangkringmalang III Kecamatan Beji-Pasuruan / Mbiarut Latar

Latar, Mbiarut (2009) Peningkatan prestasi belajar matematika melalui penggunaan kartu bilangan di kelas II SDN Cangkringmalang III Kecamatan Beji-Pasuruan / Mbiarut Latar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai tenaga profesional seorang guru dituntut mampu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran. Untuk itu guru perlu menyiasati agar pelajaran yang akan diberikan menjadi menyenangkan dan dapat diterima oleh siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam pelajaran matematika dengan menggunakan kartu bilangan dan cara penggunaan kartu bilangan dalam pelajaran matematika. Dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti melakukan penelitian sesuai tahapan observasi pra tindakan siklus I siklus II pengumpulan data dan analisis data. Teknik yang digunakan yaitu dengan observasi tanya jawab wawancara dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi bersama dengan teman sejawat dan guru kelas. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Cangkringmalang III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa 27 13 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Berdasarkan tabel penilaian terhadap proses kegiatan belajar yang dilakukan siswa pada tindakan pembelajaran Matematika dalam mengurutkan bilangan pada siklus I menunjukkan dari 27 siswa terdapat 22 siswa (81 4%) menunjukkan tergolong baik dengan nilai berkisar 6 8 dan terdapat 5 orang siswa dengan nilai 60 menunjukkan tergolong cukup. Kesimpulan dari penelitian ini 1) Pada pra tindakan menunjukkan 2 orang siswa dari 27 siswa mempunyai nilai di atas 70 sedangkan 25 siswa dibawah 70. Pada siklus I terdapat 4 siswa memperoleh nilai di atas 70 sedangkan 21 siswa memperoleh nilai di bawah 70. 3. Pada siklus II terdapat 19 siswa memperoleh nilai di atas 70 sedangkan 8 orang mempunyai nilai di bawah 70. 2) Penilaian proses kegiatan belajar siswa. Pada penilaian proses kegiatan belajar siswa pada siklus I dapat dikemukakan bahwa tingkat keaktifan siswa menjukkan 4 orang siswa (14 8%) menunjukkan baik dengan nilai berkisar 7-8 dan terdapat 21 yang memperoleh nilai di bawah 60 hal ini menunjukkan tergolong rendah. Pada siklus II terjadi peningkatan dimana 19 (33 3%) orang siswa memperoleh nilai berkisar 7-18 dan terdapat 8 orang yang memperoleh nlai di bawah 60. 3) Penilaian ketrampilan mengajar guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102522

Actions (login required)

View Item View Item