Voth, Basaria (2009) Meningkatkan keterampilan berbicara melalui percakapan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagai siswa kelas IV SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Basaria Voth. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengajaran bahasa di SD mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk kebiasaan sikap serta kemampuan dasar yang diperlukan siswa untuk perkembangan selanjutnya. Bertolak dari hal tersebut siswa diharapkan memiliki kemampuan komunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa dalam penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar mengalami kesulitan dalam berbicara sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Selotambak yang mencakup kelancaran berbicara intonasi struktur kalimat ketepatan pilihan kata kontak mata yang sesuai dengan situasi dan konteks. Metode penelitian ini dirancang dengan rancangan class room action research (penelitian tindakan kelas) melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 32 orang siswa di SDN Selotambak Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan wawancara selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini percakapan diterapkan dalam matapelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SDN Selotambak. Hasil penelitian keterampilan berbicara siswa yang dilakukan di kelas IV SDN Selotambak sebagai berikut. Dinilai dari hasil proses pembelajaran dengan nilai observasi pada pra tindakan yaitu siswa di ajak untuk melakukan percakapan dengan teman di depan kelas tindakan siklus I siswa membuat denah kemudian menjelaskan tempat pada denah serta menjelaskan cara penggunaan suatu alat dan tindakan siklus II siswa diajak untuk melakukan wawancara dengan nara sumber di lingkungan sekitar sekolah. Dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dalam persentasenya sebagai berikut. Pra tindakan 7 2% tindakan siklus I 8 32% meningkat lagi pada tindakan siklus II yaitu 11 25% dengan nilai standar keterampilan berbicara minimal 8%. Nilai wawancara atau tes lisan dengan rata-rata kelas pada tindakan siklus I 5 56% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 6 84%. Secara keseluruhan hasil keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran melalui percakapan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan percakapan dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Apr 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102520 |
Actions (login required)
View Item |