Silitubun, Ana Anita (2009) Penggunaan permainan komunikasi untuk meningkatkan keterampilan menyampaikan pesan pendek bagi siswa kelas II SDN Gununggangsir III Pasuruan / Ana Anita Silitubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu kemampuan berbahasa yang harus dikuasai untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain adalah kemampuan menyimak. Kemampuan menyampaikan pesan pendek merupakan salah satu bagian dari kemampuan menyimak yang harus dikuasai siswa kelas II sebagai upaya meningkatkan keterampilan siswa dalam menyimak. Pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan aktivitas dan rasa senang siswa merupakan kebutuhan siswa yang harus difasilitasi oleh guru salah satunya dengan menggunakan permainan komunikasi untuk meningkatkan keterampilan dan aktivitas siswa dalam menyampaikan pesan pendek. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan permainan komunikasi untuk meningkatkan keterampilan menyimak (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyampaikan pesan pendek dengan permainan komunikasi (3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan permainan komunikasi. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart melalui dua siklus (siklus I dan siklus II). Tiap siklus meliputi empat alur tindakan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Fokus penelitian adalah peningkatan keterampilan menyampaikan pesan pendek dengan menggunakan permainan komunikasi di kelas II SDN Gununggangsir III Pasuruan. Subjek penelitian tindakan adalah siswa kelas IIA yang berjumlah 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pengamatan wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif. Siklus tindakan pembelajaran dihentikan jika seluruh prosedur telah terlaksana. Hasil penelitian meunjukkan adanya peningkatan keterampilan aktivitas dan rasa senang siswa pada pembelajaran dengan menggunakan permainan komunikasi (a) keterampilan menyampaikan pesan pendek (pra tindakan) menunjukkan persentase keterampilan yang teraktualisasikan rata-rata 31 25 % dengan maksimal 46 6 % atau 7 keterampilan yang dapat diterapkan siswa dan minimal 6 6 % atau 1 keterampilan yang diterapkan siswa pada siklus I terdapat peningkatan yaitu persentase keterampilan yang teraktualisasikan rata-rata 73 9 % dengan maksimal 86 7 % atau 13 keterampilan yang diterapkan siswa dan minimal 53 3 % atau 8 keterampilan yang diterapkan siswa sedangkan pada siklus II rata-rata keterampilan menyampaikan pesan pendek yang teraktualisasikan 92 5 % dengan maksimal keterampilan teraktualisasikan 100 % yakni 15 keterampilan diterapkan siswa dan minimal 60 % atau 9 keterampilan. Peningkatan keterampilan tersebut turut mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dan rasa senang mereka. (b) pada hasil belajar siswa meningkat rata-rata kelas (pra tindakan) 77 72 % dengan 6 25 % siswa memperoleh nilai di bawah nilai standar siklus I 83 75 % dengan 6 25 % siswa memperoleh nilai di bawah nilai standar sedangkan siklus II 84 66 % dengan 15 62 % siswa memperoleh nilai di bawah nilai standar (c) kemampuan guru dalam merancang RPP pada siklus I memiliki kriteria baik (88 2) dan meningkat pada siklus II dengan kriteria sangat baik (95 5) dan (d) kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memiliki kriteria Baik (84 09) dan meningkat pada siklus II dengan kriteria Sangat baik (95 45).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102519 |
Actions (login required)
View Item |