Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student teams achievement division) pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Nur Rini Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student teams achievement division) pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Nur Rini Handayani

Handayani, Nur Rini (2009) Peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student teams achievement division) pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 01 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar / Nur Rini Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Observasi awal yang dilakukan peneliti pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Tulungrejo 01 menunjukkan bahwa (1) rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran (2) keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang (3) kemampuan siswa menyampaikan ide kurang (4) motivasi siswa rendah. Melihat kondisi tersebut peneliti mengembangkan pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk belajar aktif sehingga siswa dapat memperoleh pemehaman dan keterampilan Ilmu Pengetahuan Alam yang dipelajarinya. Salah satu metode pembelajaran yang diusulkan untuk dapat membuat siswa aktif belajar adalah metode pembelajaran kooperatif. Metode pembelajaran kooperatif adalah metode pembelajaran yang menggunakan kelompok-kelompok kecil sehingga siswa dapat saling bekerja sama untuk menyelesaikan tugas belajar. Pembelajaran kooperatif mengkondisikan siswa untuk aktif saling membantu dan bertanggung jawab dalam memahami materi yang dipelajari. Solusi untuk mewujudkan usulan tersebut adalah dilakukannya pelitian tindakan kelas (PTK) guna memperbaiki kondisi pembelajaran IPA yang kurang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kwalitatif dan dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tidakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tulungrejo 01. Instrumen penelitian ini berupa lembar obsevasi kuisioner kuis dan catatan guru. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil belajar siswa poin peningkatanhasil belajar keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan kooperatif. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut.hasil belajar siswa dari rata-rata perolehan pada pra tindakan 31 98 menjadi 37 28 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 60 28. hasil dari peningkatan poin pada pra tindakan dan siklus I sama yaitu 21 14 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 41 7. Keterlaksanaan pembelajaran kooperatif pada pra tindakan memperoleh skor 2 siklus I mendapat skor 9 dan siklus II mendapatkan skor 21. Untuk ketrampilan kooperatif siswa pada pra tindakan memperoleh skor 1 siklus I mendapat skor 5 dan untuk siklus II memperoleh skor 15. Berdasarkan penelitian tersebut pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Tulungrejo 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Pemberian penghargaan kelompok super diberikan kepada kelompok yang memperoleh poin tertinggi yaitu kelompok Jeruk kelompok Rambutan dan Salak memperoleh predikat sangat baik untuk predikat baik diperoleh kelompok Pisang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102517

Actions (login required)

View Item View Item