Upaya peningkatkan pembelajaran IPS kelas III melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SDN Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Haryono - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatkan pembelajaran IPS kelas III melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SDN Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Haryono

Haryono (2009) Upaya peningkatkan pembelajaran IPS kelas III melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SDN Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Haryono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Haryono 2009. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi.Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.H. Hadi Mustofa M.Pd (2) Drs. Sunyoto M.Si Kata Kunci media pembelajaran lingkungan hasil belajar Konsep-konsep pelajaran IPS erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan. Kalau guru cermat mengkaji kurikulum guru dapat menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran. Lingkungan dalam hal ini adalah segala sesuatu baik yang berupa benda hidup maupun benda mati yang terdapat di sekitar kita. Guru dapat merancang kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lingkungan. Diharapkan siswa mudah untuk memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran IPS di SDN Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar masih menggunakan pendekatan tradisional yakni guru mengajar hanya menggunakan metode ceramah. Siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan. Kondisi yang demikian membuat siswa tidak memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Guru dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran IPS dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatann kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Dayu 01 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara (1) pemberian angket/Kuisioner (2) Observasi (3) Dokumentasi (4) Wawancara (5) Tes. Teknik analisis kualitatif. Kegiatan analisis meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data penilaian hasil siklus I diketahui bahwa 13 anak telah dikategorikan tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan individu 70% dan 8 siswa lainnya belum tuntas. Pada siklus II ini berdasarkan penilaian hasil diketahui bahwa 18 siswa telah dikategorikan tuntas belajar dengan kriteria ketuntasan individu 70%. Sedangkan ketuntasan kelas yang diharapkan adalah 80% telah tercapai 80%. Berdasarkan analisis data yang yang diperoleh maka dapat disimpulkan. Melalui pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran dapat membawa pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Dari hasil belajar siklus I sebesar 65% dan siklus II sebesar 80% sehingga ada peningkatan 15%. Saran dari penelitian yaitu guru harus dapat menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran pemanfaatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102514

Actions (login required)

View Item View Item