Peningkatan pemahaman konsep perkalian melalui pemanfaatan benda-benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas 3 di SDN Slumbung 02 / Endah Ernawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep perkalian melalui pemanfaatan benda-benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas 3 di SDN Slumbung 02 / Endah Ernawati

Ernawati, Endah (2009) Peningkatan pemahaman konsep perkalian melalui pemanfaatan benda-benda di lingkungan sekitar pada siswa kelas 3 di SDN Slumbung 02 / Endah Ernawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ernawati Endah. 2008. Peningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Pemanfaatan Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas 3 Di SDN Slumbung 02. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HM. Zainuddin M. Pd (II) Drs. Sunyoto S. Pd M. Si. Kata kunci konsep perkalian pemanfaatan benda lingkungan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan benda-benda di lingkungan sekitar dalam pembelajaran selain itu untuk mengetahui pemahaman konsep perkalian dan hasil belajar siswa dengn menggunakan media benda nyata. Media merupakan sarana untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain. Media merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Selama ini guru tidak pernah menggunakan media dalam mengajarkan konsep perkalian. Siswa hanya menghafal perkalian tanpa tahu konsep perkalian yang sebenarnya. Untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian peneliti menggunakan media benda-benda yang ada di lingkungan sekitar seperti batu daun buah dll. Benda-benda tersebut diperoleh dari lingkungan sekolah. sehingga mudah didapat dan tidak membutuhkan biaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan PTK terdiri dari 2 siklus masing-masing meliputi tahap perencanaan pelaksaan observasi refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Slumbung 02 Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 22 orang pada tanggal 25 Nopember sampai 02 Desember 2008. Penelitian ini berpijak pada teori belajar Bruner yang menyatakan bahwa belajar matematika adalah belajar tentang konsep konsep dan struktur struktur mtematika yang terdapat di dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan hubungan antara konsep konsep dan struktur struktur matematika. Bruner melukiskan anak anak berkembang melalui 3 tahap perkembangan mental yaitu tahap enaktif tahap ikonik dan tahap simbolik. Instrumen yang digunakan adalah tes angket lembar observasi pedoman wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar dalam pembelajaran membuat siswa lebih memahami konsep perkalian siswa lebih senang dan tertarik dalam belajar. Siswa juga lebih aktif selama pembelajaran berlangsung. Hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang antusias dalam menjawab pertanyaan dan mempraktekkan perkalian dengan menggunakan batu dan daun. Serta dalam mencari bahan-bahan yang dibutuhkan di luar kelas. Siswa juga dapat memahami konsep perkalian dengan baik sehingga hasil belajarnya juga baik Pada siklus I nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 84 31 dan ketuntasan belajar mencapai 77 27% atau ada 17 siswa dari 22 siswa sudah tuntas belajar dan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 90 32 dan ketuntasan belajar mencapai 86 36% atau ada 19 siswa dari 22 siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa benda-benda di lingkungan sekitar misalnya batu daun buah dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan konsep perkalian pada siswa kelas 3 penggunaan benda-benda di lingkungan sekitar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102513

Actions (login required)

View Item View Item