Peningkatan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas V SDN Tumpakkepuh 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Fitri Luthfiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas V SDN Tumpakkepuh 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Fitri Luthfiyati

Luthfiyati, Fitri (2009) Peningkatan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas V SDN Tumpakkepuh 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Fitri Luthfiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Luthfiyati Fitri. 2008. Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SDN Tumpakkepuh 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Drs. Imam Hanafi M. M Kata Kunci CTL Pembelajaran Matematika Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan pendekatan yang mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata yang dihadapi siswa. Dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dibuat suasana yang menarik strategi belajar yang menyenangkan maupun materi yang tidak terlalu sulit tetapi menantang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemahaman siswa tentang konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Tumpakkepuh 02 Tahun Ajaran 2008/2009 (2) mendeskripsikan penggunaan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam pembelajaran konsep operasi hitung pada siswa kelas V SDN Tumpakkepuh 02. (3) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran konsep operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas V SDN Tumpakkepuh 02 setelah menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan di SDN Tumpakkepuh 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar tanggal 13 Oktober sampai 18 Agustus 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart 1988 yaitu terdiri atas perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Siklus yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak 2 siklus tiap siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat mengatasi masalah siswa dalam memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan dua kali pertemuan hasil ketuntasan belajar siswa adalah 46 15%. Sedangkan pada siklus II dengan dua kali pertemuan hasil ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 76 92%. Selain menggunakan pendekatan CTL dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat ini juga menggunakan permainan untuk menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada para guru bahwa peranan guru dalam meningkatkan konsep operasi hitung bilangan bulat sangat besar. Oleh karena itu guru seyogyanya menyajikan bahan pelajaran yang menarik perhatian berupa pemecahan masalah sehingga siswa tidak merasa bosan. Selain itu agar siswa mempunyai kesenangan dan kegemaran dalam belajar matematika hendaknya guru dapat menciptakan situasi yang menunjang kegiatan belajar mengajar yaitu dengan menggunakan berbagai metode menggunakan media dan membuat suasana yang bisa menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102511

Actions (login required)

View Item View Item