Peningkatan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan berbasis masalah (Problem Based Learning) pada siswa kelas V SDN Kanigoro 1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Mustika Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan berbasis masalah (Problem Based Learning) pada siswa kelas V SDN Kanigoro 1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Mustika Wulandari

Wulandari, Mustika (2009) Peningkatan hasil belajar soal cerita melalui pendekatan berbasis masalah (Problem Based Learning) pada siswa kelas V SDN Kanigoro 1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Mustika Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Mustika. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita melalui Pendekatan Berbasis Masalah (PBL) pada Siswa Kelas V SDN Kanigoro 1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Drs. Imam Hanafi M.M. Kata Kunci Pendekatan pembelajaran soal cerita problem based learning Matematika merupakan salah satu bagian dalam pendidikan serta merupakan disiplin ilmu yang memiliki peranan sangat penting dalam perkembangan sains dan teknologi sesuai dengan yang dikemukakan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional bahwa prinsip penyelenggaraan pendidikan itu diantaranya adalah harus bisa memberikan keteladanan membangun kemauan dan membangun kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran mengembangkan budaya membaca menulis dan berhitung juga merupakan prinsip dalam penyelenggaraan pendidikan. Dengan mengacu pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional maka kita sebagai seorang pendidik dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih dan menggunakan metode serta media pembelajaran tidak lain alasannya adalah agar pembelajaran yang berlangsung bisa lebih menyenangkan sehingga siswa tidak takut dan bosan lagi terhadap pelajaran matematika. Guna mengatasi berbagai permasalahan yang muncul diatas guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih pendekatan pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi tertentu. Sesuai dengan Keputusan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 bahwa prinsip pembelajaran matematika berfokus pada pemecahan masalah dengan dimulai dari contextual problem (pembelajaran berbasis masalah). Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Pembelajaran berbasis masalah (PBL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran atau metode mengajar yang fokusnya pada siswa dengan mengarahkan siswa menjadi pebelajar mandiri yang terlibat langsung secara aktif terlibat dalam pembelajaran berkelompok. PBL membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam memberikan alasan dan berpikir ketika mereka mencari data atau informasi agar mendapatkan solusi untuk suatu masalah yang otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar soal cerita melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (action research). Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Kanigoro 1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara (1) Pemberian angket / kuisioner (2) Observasi (3) Dokumentasi (4) Wawancara (5) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu meliputi proses makna tindakan dan pemaknaan. Kegiatan analisis meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang diperoleh dan pembahasan dari refleksi serta temuan-temuan yang ada diperoleh suatu kesimpulan yang digunakan sebagai acuan pelaksanaan tindakan selanjutnya. Penerapan pendekatan berbasis masalah membawa pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I yaitu 73% pada Siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 93% hal ini menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar sebesar 20%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah diadakannya penelitian ini ada beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar soal cerita dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Beberapa saran tersebut adalah (1) meneruskan penggunaan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika karena penelitian ini bersifat sementara (2) perlunya memotivasi siswa agar terlibat aktif dalam pembelajaran (3) mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai (4) terus-menerus meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam mengelola pembelajaran baik melalui kelompok kerja guru atau pelatihan-pelatihan tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102510

Actions (login required)

View Item View Item