Wijayanti, Suci (2009) Penerapan model siklus belajar (Learning Cycle) dengan metode eksperimen pada pokok bahasan benda dan sifatnya untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV-B semester I SDN Bareng I Kota Malang / Suci Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wijayanti Suci. 2009. Penerapan model siklus belajar (learning cycle) dengan metode eksperimen pada pokok bahasan benda dan sifatnya untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV-B semester 1 SDN Bareng I Kota Malang. Skripsi Program Studi S1-PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sukamti M.Pd (2) Drs. H. Sutarno M.Pd. Kata kunci siklus belajar kerja ilmiah hasil belajar kognitif. Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam pembentukan sumber daya manusia yang siap menghadapi tantangan pendidikan di masa yang akan datang. Kondisi ini menuntut adanya perbaikan sistem pendidikan nasional. Salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah adalah menyempurnakan kurikulum. Kurikulum yang sedang disempurnakan saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang mengembangkan satuan pendidikan potensi sekolah/daerah karakteristik sekolah/daerah sosial budaya masyarakat setempat dan karakteristik peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan beberapa siswa kelas IV-B SDN Bareng I Kota Malang diketahui bahwa pembelajaran yang diterapkan guru selama ini masih cenderung menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas. Sedangkan pembelajaran yang mengaktifkan siswa belum banyak digunakan misalnya eksperimen hal ini karenakan guru khawatir materi yang disampaikan tidak selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Pendekatan siklus belajar juga belum pernah diterapkan di SDN Bareng I Kota Malang. Berdasarkan permasalahan di atas maka dalam penelitian ini digunakan pendekatan siklus belajar dengan metode eksperimen. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah berbentuk tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SDN Bareng I Kota Malang yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 11 putri dan 13 putra. Penelitian dilaksanakan mulai 25 Nopember 2008 sampai 24 Desember 2008. Hasil penelitian setelah diterapkan siklus belajar dengan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA pokok bahasan benda dan sifatnya menunjukkan adanya peningkatan kerja ilmiah siswa dari siklus I dengan rata-rata 67 5% ke siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 70%. Sehingga dapat diketahui bahwa ada peningkatan kerja ilmiah sebesar 2 5%. Begitu juga dengan hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus I dengan rata-rata 71 87 ke siklus II meningkat rata-ratanya menjadi 76 25. Persentase ketuntasan kelas pada siklus I adalah 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar di dalam pembelajaran IPA khususnya menerapkan siklus belajar dengan metode aksperimen untuk meningkatkan kerja ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102507 |
Actions (login required)
View Item |