Penerapan pendekatan inquiri dalam meningkatkan hasil prestasi belajar pada mata pelajaran sains siswa kelas IV SDN Gogodeso 01 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Retno Dwi Budi Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan inquiri dalam meningkatkan hasil prestasi belajar pada mata pelajaran sains siswa kelas IV SDN Gogodeso 01 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Retno Dwi Budi Cahyanti

Cahyanti, Retno Dwi Budi (2009) Penerapan pendekatan inquiri dalam meningkatkan hasil prestasi belajar pada mata pelajaran sains siswa kelas IV SDN Gogodeso 01 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar / Retno Dwi Budi Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil prestasi belajar sains di SDN Gogodeso 01 kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar berdasarkan hasil evaluasi kegiatan pembelajaran pra tindakan masih belum tuntas. Hal ini disebabkan metode pembelajaran guru mayoritas menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan partisipasi siswa. Guna meningkatkan hasil prestasi belajar siswa di SDN Gogodeso 01 tersebut peneliti menguji cobakan pendekatan inquiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inquiri dalam meningkatkan hasil prestasi belajar pada mata pelajaran sains siswa kelas IV SDN Gogodeso 01 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inquiri dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas IV SDN Gogodeso 01 Kecamatan Kanigoro kabupaten Blitar pada mata pelajaran sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan metode pengumpulan datav berupa observasi dan wawancara. Peneliti terlibat secara penuh dalam kegiatan penelitian baik perencanaan palaksanaan pengamatan maupun refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus diketahui ketuntasan belajar siswa yang ditunjukkan oleh hasil prestasi siswa (hasil evaluasi). Dengan menerapkan pendekatan inquiri ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu siklus I 42% siklus II 58% dan siklus III 92%. Berdasarkan hasil pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inquiri dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa secara tuntas pada siklus III (92%) sehingga tidak perlu dilakukan kegiatan pembelajaran siklus IV. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat memilih metode dan kreatif dalam mencoba ide baru agar proses pembelajaran berhasil dengan baik dan tidak membosankan misalnya dengan menggunakan pendekatan inquiri agar dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Harapan peneliti semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102506

Actions (login required)

View Item View Item