Penggunaan KIT IPA untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan rangkaian listrik siswa kelas VI di SDN Ngenep 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Bedy Rudyansyah Jai - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan KIT IPA untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan rangkaian listrik siswa kelas VI di SDN Ngenep 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Bedy Rudyansyah Jai

Jai, Bedy Rudyansyah (2010) Penggunaan KIT IPA untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan rangkaian listrik siswa kelas VI di SDN Ngenep 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang / Bedy Rudyansyah Jai. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jai Bedy Rudyansyah. 2009. Penggunaan KIT IPA untuk meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Rangkaian Listrik Siswa Kelas VI di SDN Ngenep 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Skripsi Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Dra. Purwendarti M.Pd. (II) Dra. Hj. Sukamti M.Pd. Kata-kata kunci KIT IPA Peningkatan Hasil Belajar IPA Rangkaian Listrik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai siswa kelas VI SDN Ngenep 03 pada pokok bahasan Rangkaian Listrik . Terbukti dari hasil observasi yang dilakukan peneliti hasil belajar siswa rendah ketuntasan belajar belum maksimal dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Sebagai upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa perlu adanya inovasi dalam pembelajaran salah satunya dengan menggunakan media kita IPA. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsi penggunaan KIT IPA untuk mendeskripsikan penggunaan KIT IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan untuk mendeskripsikan penggunaan KIT IPA dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan Rangkaian Listrik kelas VI di SDN Ngenep 03 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Ngenep 03 dengan jumlah siswa 27. Rancangan penelitian ini disusun dalam 5 siklus. Hal ini karena banyaknya materi yang terangkum dalam pokok bahasan Rangkaian Listrik . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi analisis data secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan KIT IPA dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa lebih antusias dalam belajar motivasi siswa untuk belajar juga tinggi khususnya pada pokok bahasan Rangkaian Listrik . Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media dalam pembelajaran IPA sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102505

Actions (login required)

View Item View Item