Penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Jabupaten Malang / Endri Kurniadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Jabupaten Malang / Endri Kurniadi

Kurniadi, Endri (2010) Penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Jabupaten Malang / Endri Kurniadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniadi Endri. 2010. Penggunaan Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah-Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy. M.Pd. (2) Drs. Ir Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci lingkungan sekitar media pembelajaran hasil belajar IPA SD Pembelajaran IPA di kelas IV yang selama ini dilakukan guru merupakan cara pembelajaran yang konvensional. Selama pembelajaran berlangsung guru memegang otoritas penuh sedanglan siswa hanya pasif saja. Dengan pembelajaran yang seperti itu menyebabkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Berdasarkan permasalah tersebut peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan pembelajaran IPA dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran di SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang (2) apakah penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa (3) bagaimana dampak penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang (4) bagaimana tanggapan guru terhadap penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran di SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang (5) bagaimana tanggapan siswa terhadap penggunaan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran di SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang . Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dalam bentuk kolaboratif partisipatoris. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lingkungan sekitar sebagi media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Rejosari 1 Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Nilai pada pratindakan rata-rata kelasnya adalah 55 71 nilai pada siklus I rata-rata kelasnya adalah 71 43 dan nilai pada siklus II rata-rata kelas adalah 80 71. Ketuntasan belajar secara klasikal pada pratindakan adalah 35 71% pada siklus I adalah 64 29% dan pada siklus II adalah 85 71%. Selain hasil belajar aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I rata-rata kelasnya adalah 60 43 dan pada siklus II adalah 74 00. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kapada guru kelas IV agar menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran sehingga dalam pembelajaran IPA siswa aktif belajar. Selain itu dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran siswa dapat menerapkan pengetahuannya secara langsung sehingga lebih dekat dengan alam sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102504

Actions (login required)

View Item View Item