Penerapan pendekatan konstruktivitas model siklus belajar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mlideg Bojonegoro / Tya Wulan Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan konstruktivitas model siklus belajar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mlideg Bojonegoro / Tya Wulan Sari

Sari, Tya Wulan (2009) Penerapan pendekatan konstruktivitas model siklus belajar untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Mlideg Bojonegoro / Tya Wulan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

SDN Mlideg terletak di desa Mlideg Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Pembelajaran IPA di SDN Mlideg masih cenderung guru yang aktif dan mempunyai hasil belajar yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pada pra tindakan yaitu 56 25 dan hanya 5 siswa (31 25%) dari 16 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65.Berdasarkan hal tersebut dilaksanakan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme model siklus belajar melalui Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivisme model siklus belajar pada matapelajaran IPA pokok bahasan Benda dan Sifatnya di kelas IV SDN Mlideg (2) Mendeskripsikan pendekatan konstruktivisme model siklus belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Mlideg (3) Mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap penerapan pendekatan konstruktivisme model siklus belajar pada matapelajaran IPA pokok bahasan Benda dan Sifatnya di kelas IV SDN Mlideg. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Penelitian dilaksanakan mulai 17 November sampai dengan 13 Desember 2008. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Mlideg sebanyak 16 siswa pada tahun ajaran 2008/2009 semester I. Pokok bahasan yang dibahas adalah Benda dan Sifatnya. Teknik pengambilan data menggunakan pedoman observasi (aspek psikomor dan aspek afektif) tes formatif (aspek kognitif) dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor yang dilanjutkan dengan menentukan persentase keberhasilan tindakan pada tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I rata-rata hasil belajar yaitu 61 25 dan ada 9 siswa (56 25%) yang masih dibawah KKM. Pada siklus II hasil belajar siswa yaitu 75 63 dan semua siswa telah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme model siklus belajar terdiri dari tiga fase yaitu eksplorasi pengenalan konsep dan pengaplikasian konsep. Siklus belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari perbandingan kedua siklus yang menunjukkan adanya peningkatan sebesar 14 38 (23 47%). Dari kesimpulan dapat disarankan bahwa pada setiap pembelajaran hendaknya memberi kesempatan pada siswa untuk membangun pikirannya sendiri sehingga siswa tidak sekedar menerima konsep dari guru. Penerapan siklus belajar masih perlu ditingkatkan lagi melalui upaya yang terencana dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102502

Actions (login required)

View Item View Item