Setyawan, Aan Afidana (2009) Meningkatkan kemampuan menbaca melalui pembelajaran membaca melalui pembelajaran membaca cepat di kelas IV SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk / Aan Afidana Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Membaca di sekolah dasar lebih menekankan pada kegiatan membaca dan menulis permulaan di kelas I dan II sekolah dasar. Sedangkan membaca tidak hanya sekedar menyuarakan bunyi bunyi bahasa atau mencari kata kata sulit dalam suatu teks bacaannya. Membaca cepat melibatkan pemahaman memahami apa yang dibacanya apa maksudnya dan apa implikasinya. Ketika siswa mengalami kesukaran memahami suatu teks jika mereka tidak bisa memahami suatu teks bacaan tugas mengajar membaca semakin kompleks. Bagaimana siswa bisa belajar dari suatu teks jika mereka tidak bisa memahami tugas membaca yang diberikan kepada mereka. Di SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk ketika penulis mengadakan pengamatan pendahuluan ternyata di sekolah ini kemampuan membaca siswa siswinya belum bisa dikatakan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari kebanyakan siswa masih menggunakan cara-cara membaca yang justru menghambat untuk membaca cepat seperti para siswa masih bersuara saat membaca menggunakan tangan untuk menunjuk kata demi kata ini sebenarnya merupakan teknik membaca yang lambat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan penerapan membaca cepat dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan kebahasaan siswa kelas IV SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk (2) Apakah penerapan membaca cepat dapat mempengaruhi kemampuan memahami bacaan siswa kelas IV di SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk . Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penerapan membaca cepat dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan kebahasaan siswa kelas IV SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk (2) Untuk mendiskripsikan penerapan membaca cepat dalam memahami bacaan siswa kelas IV di SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk. Metode penelitian menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan desain penelitian ini menggunakan PTK ( penelitian tindakan kelas ) teknik analisa data dalam penelitian ini adalah menggunakan intervew obsevasi dan dokumentasi. Rencana penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Masing masing siklus berhubungan satu sama lain seperti tergambar dalam spiral tindakan menurut Hopskins. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk Berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 putra dan 12 putri instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan test. Teknik analisis yang digunakan adalah diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari pra siklus sampai siklus II yaitu pada pra siklus prosentase pengetahuan kebahasaan mencapai 50% dan pemahaman isi bacaan mencapai 55% sedangkan dalam siklus I pengetahuan kebahasaan mencapai 70% sedangkan pengetahuan isi bacaan mencapai 75% dan dalam siklus II kebahasaan mencapai 100% dan pengetahuan isi bacaan juga mencapai 100%. Kesimpulan ini adalah (1) Dengan penerapan membaca cepat dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan kebahasaan siswa kelas IV SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk hal ini dapat diketahui dari prosentase kenaikan tingkat kebahasaan dari mulai pra tindakan sampai pada siklus II tinkat kenaikan tersebut antara lain dalam penerapan metode membaca yang tepat yaitu dengan cara menghilangkan cara-cara membaca yang dapat mengurangi pemahaman siswa. (2) Penerapan membaca cepat dapat mempengaruhi kemampuan memahami bacaan siswa kelas IV di SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk hal ini dapat diketahui dari meningkatkan kemampuan memahami bacaan dari mulai pra siklus sampai siklus II. Tingkat kenaikan tersebut antara lain kemampuan siswa memahami isi bacaan secara detail menemukan ide pokok mampu mengingat apa yang telah dibaca mengetahui kata kunci. Kepada pendidik dan masyarakat diharapkan berpartisipasi dan bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan di SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk Serta lebih meningkatkannya hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan cita-cita yang sesuai dengan tuntutan masyarakat dan pemerintah. Kepada pengurus lembaga serta penyelenggara pendidikan diharapkan mampu meningkatkan secara terus menerus kegiatan membaca di SDN Betet II Kec. Ngronggot Kab. Nganjuk
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102501 |
Actions (login required)
View Item |