Upaya peningkatan keterampilan membaca pemehaman melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Ponggok 01 Kabupaten Blitar / Mirna Suseno - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan keterampilan membaca pemehaman melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Ponggok 01 Kabupaten Blitar / Mirna Suseno

Suseno, Mirna (2009) Upaya peningkatan keterampilan membaca pemehaman melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN Ponggok 01 Kabupaten Blitar / Mirna Suseno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memahami pentingnya keterampilan membaca bagi siswa maka hendaknya keterampilan membaca mendapatkan perhatian serius dari seluruh unsur pendidikan yang ada di sekolah. Namun kenyataannya pengajaran membaca di SDN Ponggok 01 Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar kurang membantu siswa untuk melaksanakan tugas belajar dan pemahaman terhadap materi pelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi tidak mengerti dan memahami pelajaran merasa bosan dan putus asa dalam belajar serta bersikap masa bodoh terhadap hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan pemahaman terhadap isi bacaan dan dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan isi bacaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas. PTK termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan bisa saja bersifat kuantitatif sedangkan model penelitian ini adalah kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca siswa kelas IV yang ditunjukkan dari peningkatan prosentase ketuntasan membaca siswa pada setiap siklus. Pada tahap pra tindakan prosentase memahami isi bacaan dijadikan dasar bagi siklus I yaitu 71 43% menjadi 80 95%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%. Sedangkan untuk prosentase mengungkapkan isi bacaan pada tahap pra tindakan mencapai 57 14% siklus I mencapai 80 95% dan pada siklus II mangalami peningkatan mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan dua kali siklus kepada siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dengan jenis kegiatan membaca dalam hati dan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas IV SDN Ponggok 01 Tahun Ajaran 2008/2009. Dari hasil penelitian ini diharapkan siswa mampu meningkatkan keterampilan dalam memahami isi bacaan dan mengungkapkan isi bacaan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Selain itu harapan dari penelitian ini adalah semoga hasil penelitian ini membantu guru siswa maupun membaca lain dalam memajukan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga mutu pendidikan akan terwujud dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102498

Actions (login required)

View Item View Item