Pembelajaran terpadu model connected untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran IPS kelas IV SDN Karangploso 02 Kabupaten Blitar / Henny Pusporini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran terpadu model connected untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran IPS kelas IV SDN Karangploso 02 Kabupaten Blitar / Henny Pusporini

Pusporini, Henny (2009) Pembelajaran terpadu model connected untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran IPS kelas IV SDN Karangploso 02 Kabupaten Blitar / Henny Pusporini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

IPS mengkaji seperangkat peristiwa fakta konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Dalam pembelajaran nilai hasil belajar siswa rendah siswa cenderung hanya menghafalkan materi siswa menjadi pasif sehingga timbul anggapan siswa bahwa pelajaran IPS adalah pelajaran yang sangat membosankan. Berdasarkan permasalahan tersebut salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran terpadu model connected. Melalui model pembelajaran ini memungkinkan siswa baik secara individu maupun kelompok aktif mencari menggali dan menemukan konsep secara holistik bermakna dan otentik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan proses belajar IPS di SDN Karangsono 02 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008/2009 setelah menggunakan pembelajaran terpadu model connected. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS pada kelas IV SDN Karangsono 02 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008/2009 setelah menggunakan pembelajaran terpadu model connected. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis and Taggart sedangkan bentuk penelitiannya kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas kelompok dari siklus I untuk aktivitas individu (1 53) menjadi (2 18) aktivitas klasikal (24 7) menjadi (34 75) dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar meningkat dari rata-rata nilai pada pra tindakan sebesar 46 56 dengan ketuntasan klasikal 0% menjadi 60 5 dengan ketuntasan klasikal 37 5% pada siklus I hingga menjadi 74 68 dengan ketuntasan klasikal 81 45% pada siklus II dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui ketuntasan belajar dapat dicapai pada siklus II sehingga tidak perlu dilakukan pembelajaran siklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terpadu model connected dapat meningkatkan pemahaman materi IPS kelas IV SDN Karangsono 02 Kabupaten Blitar tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102492

Actions (login required)

View Item View Item