Pemanfaatan industri rumah tangga sebagai sumber belajar siswa kelas V dengan pokok bahasan perekonomian untuk meningkatkan prestasi belajar IPS di SDN Widang III Tuban / Camelia Said - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan industri rumah tangga sebagai sumber belajar siswa kelas V dengan pokok bahasan perekonomian untuk meningkatkan prestasi belajar IPS di SDN Widang III Tuban / Camelia Said

Said, Camelia (2009) Pemanfaatan industri rumah tangga sebagai sumber belajar siswa kelas V dengan pokok bahasan perekonomian untuk meningkatkan prestasi belajar IPS di SDN Widang III Tuban / Camelia Said. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekitar yaitu industri rumah tangga kue yang digunakan sebagai sumber belajar siswa dengan mengajak siswa ke industri rumah tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan pemahaman tentang perekonomian di daerah Widang serta menerapkan siswa sejak dini pentingnya memiliki ketrampilan yang akan bermanfaat bagi kehidupan di masyarakat kelak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus siklus pertama pembelajaran di dalam kelas siklus ke dua pembelajaran di luar kelas pelaksanaannya meliputi empat langkah (1) Perencanaan (2) Tindakan (3) observasi (4) refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa 21 orang dengan jumlah siswa laki-laki12 orang dan siswa perempuan 9 orang. Instrumen yng digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan hasil dari kegiatan observasi pada siklus I tentang kegiatan belajar siswa dinilai dengan skor 59 1% dengan kategori C yaitu siswa kurang baik dalam melaksanakan pembelajaran IPS sedangkan pada siklus II di luar kelas meningkat menjadi 83 1% dengan kategori nilai A yaitu siswa sangat baik dalam melaksanakan pembelajaran IPS diluar kelas. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum masuk siklus I dengan rata-rata 63 1 pada siklus I meningkat menjadi rata-rata kelas 71 9 sedangkan pada siklus II meningkat lagi dengan rata-rata kelas menjadi 83 1. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sekitar salah satunya industri rumah tangga dapat memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPS serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran bagi guru agar dapat menerapkan pembelajaran-pembelajaran yang lain dengan menggunakan masyarakat sekitar sebagai sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102491

Actions (login required)

View Item View Item