Penggunaan media pembelajaran "Pohon Perkalian" dengan teknik permainan untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang / Eny Sutarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran "Pohon Perkalian" dengan teknik permainan untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang / Eny Sutarti

Sutarti, Nevi (2009) Penggunaan media pembelajaran "Pohon Perkalian" dengan teknik permainan untuk meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang / Eny Sutarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skenario pembelajaran dirancang guru untuk mendapatkan tujuan pembelajaran seefektif dan seefesien mungkin sesuai yang diinginkan. Tetapi ada kalanya pembelajaran yang dirancang tersebut dapat memberikan hasil yang kurang maksimal. Seperti terlihat pada observasi penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang lebih rendah dengan operasi bilangan yang lain dengan nilai rata-rata kelasnya adalah 51. Dari 30 siswa 13 siswa mendapatkan nilai di atas rata-rata kelas dan 17 siswa mendapatkan nilai di bawah rata-rata kelas. Hal ini karena guru lebih sering menerapkan metode pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dan pengalamam langsung pada diri siswa. Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan pada pembelajaran matematika tentang perkalian kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang sebelum menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan (2) Mendeskripsikan penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang setelah menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan (3) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang dengan menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan (4) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan dapat meningkatkan penguasaan perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan pelaksaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pedoman obsevasi soal dan pedoman wawancara. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang sebelum menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan jauh dari kriteria keberhasilan yang diharapkan yaitu nilai rata-rata kelas operasi perkalian pra tindakan adalah 41 dengan kategori kurang baik (2) penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang setelah menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas siklus I adalah 62 dan siklus II adalah 81. Sehingga penguasaan konsep perkalian siswa dari pra tindakan ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 97 % dengan kategori sangat baik (3) hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan pada siklus I sebesar 75 % dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan pada siklus II sebesar 83 % dengan kategori baik. Sehingga aktivitas siswa dikategorikan baik (4) Hasil observasi penggunaan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan siklus I adalah 83 % dengan kategori baik. Hasil observasi penggunaan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan siklus II adalah 95 % dengan kategori sangat baik. Secara keseluruhan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan dapat meningkatkan penguasaan konsep perkalian siswa kelas III SDN Pandanwangi 2 Malang. Saran dari penelitian ini dikemukakan sebagai berikut (1) bagi guru dapat menggunakan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan dalam kegiatan pembelajaran perkalian matematika (2) bagi siswa dapat mengembangkan potensi diri dengan cara belajar melalui media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan sehingga konsep matematika dapat tertanam pada diri siswa berdasarkan pengalaman langsung (3) bagi peneliti lain penggunaan media pembelajaran Pohon Perkalian dengan teknik permainan dalam pembelajaran yang digunakan dalam penelitian dapat digunakan oleh peneliti-peneliti lain sebagai pembelajaran yang inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102490

Actions (login required)

View Item View Item