Literasi informasi siswa di Perpustakaan SMK Negeri 1 Malang / Anggita Prabasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Literasi informasi siswa di Perpustakaan SMK Negeri 1 Malang / Anggita Prabasari

Prabasari, Anggita (2018) Literasi informasi siswa di Perpustakaan SMK Negeri 1 Malang / Anggita Prabasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prabasari Anggita. 2018. Literasi Informasi Siswa di Perpustakaan SMK Negeri 1 Malang. Skripsi Program Studi Ilmu Perpustakaan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwi Saksomo M.Si. (II) Drs. Dwi Sugianto M.Pd. Kata Kunci literasi informasi perpustakaan SMK Negeri 1 Malang Perpustakaan sekolah merupakan bagian yang penting dalam meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa. Kurangnya pemanfaatan perpustakaan dapat mempengaruhi dalam pembentukan kemampuan literasi siswa. Kemampuan literasi informasi sangat dibutuhkan oleh siswa agar dapat membantu siswa dalam pembelajaran secara mandiri dan meningkatkan kreatifitas. Melalui kemampuan tersebut siswa dapat dengan mudah menetukan kebutuhan dan cara mendapatkan informasi untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Oleh karena itu sangat penting bagi perpustakaan untuk memberikan dukungan dalam peningkatan kemampuan literasi siswa. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh perpustakaan untuk membantu peningkatan tersebut adalah membentuk program literasi khusus. Penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu mendeskripsikan (1) pemanfaatan perpustakaan SMK Negeri 1 Malang (2) program dan pelaksanaan literasi informasi di perpustakaan SMK Negeri 1 Malang (3) pemahaman siswa SMK Negeri 1 Malang tentang literasi informasi dan (4) pemahaman siswa mengenai program literasi dan dampaknya di perpustakaan SMK Negeri 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan SMK Negeri 1 Malang. Peneliti menggunakan sumber data yaitu (1) kepala perpustakaan (2) petugas perpustakaan dan (3) siswa sebagai narasumber. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi pedoman wawancara dan pedoman analisis dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi wawancara dan studi dokumentasi. Wujud data dari penelitian yang dilakukan yaitu (1) wawancara yang dilakukan dengan pengelola perpustakaan untuk memperoleh data berupa pemanfaatan program serta pelaksanaan literasi informasi di perpustakaan serta wawancara yang dilakukan dengan siswa untuk memperoleh data berupa pemahaman mengenai literasi informasi pemahaman mengenai program literasi informasi di perpustakaan serta dampak yang dirasakan (2) observasi dilakukan untuk memperoleh data berupa pemanfaatan perpustakaan dan (3) studi dokumentasi yang dilakukan untuk memperoleh data berupa informasi mengenai perpustakaan. Berdasarkan hasil paparan data temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa perpustakaan SMK Negeri 1 Malang belum secara maksimal dimanfaatkan oleh siswa. Hal tersebut terlihat dari kurangnya minat siswa untuk datang dan menggunakan perpustakaan dalam pemenuhan kebutuhan informasinya. Selain itu tidak ada program literasi informasi yang dilakukan oleh perpustakaan SMK Negeri 1 Malang untuk menumbuhkan kemampuan literasi informasi siswa. Hal tersebut mengakibatkan pemahaman siswa mengenai literasi informasi kurang. Selain itu siswa juga tidak mengetahui program yang dilaksanakan oleh perpustakaan dan tidak ada dampak yang dirasakan oleh siswa. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa siswa SMK Negeri 1 Malang belum memiliki kemampuan literasi informasi karena perpustakaan belum memiliki program literasi informasi. Peneliti memberikan saran terhadap berbagai pihak di SMK Negeri 1 Malang. Melaksanakan perbaikan tata ruang desain interior serta pengadaan perabotan dan perlengkapan untuk menunjang kegiatan pengolahan dan pelayanan di perpustakaan SMK Negeri 1 Malang. Melaksanakan pembentukan program literasi informasi bagi siswa yang menarik dan dapat meningkatkan kemampuan literasi informasi. Selain itu melaksanakan sosialisasi terkait kegiatan dan seluruh informasi mengenai perpustakaan SMK Negeri 1 Malang. Siswa SMK Negeri 1 Malang untuk lebih sering berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan dalam setiap kegiatan pemenuhan kebutuhan informasinya dengan ditunjang sumber-sumber informasi lainnya yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan isinya. Selain itu melaksanakan setiap kegiatan yang dapat meningkatkan pemahamannya mengenai literasi informasi. Bekerjasama dan saling membantu dalam pembentukan dan pelaksanaan program literasi informasi yang akan dilaksanakan sehingga dapat memperoleh tujuan yang diinginkan yaitu meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa serta melaksanakan sosialisasi mengenai informasi yang berkaitan dengan perpustakaan SMK Negeri 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item View Item