Afifah, Eny (2009) Peningkatan pembelajaran menulis melalui penerapan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN Trenceng I Kabupaten Tulungagung / Eny Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Trenceng I Kabupaten Tulungagung dalam materi mengarang guru belum menggunakan pendekatan Konstruktivise dan siswa beranggapan bahwa sekali menulis langsung jadi karangan tanpa menerapkan fase- fase dalam menulis karangan. Berdasarkan permasalahan di atas dapat dirumuskan masalah yaitu (1) Apakah pendekatan Konstruktivisme meningkatkan pada prapenuisan ( 2) Apakah pendekatan Konstruktivisme meningkatkan pada saat penulisan (3) Apakah pendekatan Konstruktivisme meningkatkan pada pascapenulisan Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme pada prapenulisan (2) Mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme pada saat penulisan (3) Mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme pada prapenulisan. Pelitian yang dilaksanakan dengan diawali pra tindakan siswa belum melaksanakan fase- fase menulis karangan sehingga hasilnya o % pada siklus I siswa menulis karangan berdasarkan pengalamannya dengan menerapkan fase- fase menulis karangan nilainya meningkat menjadi 47 36 %. Pada siklus II siswa mengarang berdasarkan gambar dengan menerapkan fase- fase menulis karangan hasilnya meningkat menjadi 78 94 %. Pada siklus III siswa mengarang dengan mengamati lingkungan sekolah serta menerapkan fase- fase menulis karangan hasilnya meningkat menjadi 100 %. Pada siklus III telah mencapai ketuntasan sehingga tidak perlu ada perbaikan lagi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan tiga kali siklus kepada siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran Konstruktivisme melalui fase- fase menulis yaitu fase prapenulisan fase saat penulisan dan fase pascapenulisan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Trenceng I Tahun Ajaran 2008/2009. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan perlu diberikan kepada siswa agar siswa tidak mengalami kebosanan belajar. Guru hendaknya menerapkan pendekatan- pendekatan pembelajaran yang bervariasi serta menentukan tujuan pembelajaran yang jelas sehingga tercapai kompetensi dasar yang ditargetkan serta dapat mengembangkan potensi- potensi yang dimiliki siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102489 |
Actions (login required)
View Item |