Penerapan strategi bermain kartu domino perkalian untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Sepanjang II Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Inin Ma'rifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi bermain kartu domino perkalian untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Sepanjang II Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Inin Ma'rifa

Ma'rifah, Inin (2009) Penerapan strategi bermain kartu domino perkalian untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Sepanjang II Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang / Inin Ma'rifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak usia dini seperti siswa kelas 1 sampai 3 SD sangat dominant kegiatan bermainnya. Bermain merupakan kebutuhan yang utama bagi siswa dalam usia sedini itu. Untuk itu kita perlu menfasilitasi pembelajaran matematika yang sesuai dengan karakteristik anak SD. Salah satu strategi yang digunakan dalam pembelajaran matematika adalah belajar melalui bermain. Dengan strategi bermain dalam pembelajaran matematika diharapkan siswaw dapat memiliki konsep-konsep (daya serap) mengenai bahan atau materi pakok bahasan sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2006. penelitian bertujuan untuk mengetahui (1)Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan strategi bermain kartu domino perkalian pokok bahasan perkalian dikelas III (2)Hasil belajar siswa kelas III SDN Sepanjang II dengan penerapan strategi bermain kartu domino perkalian pada pokok bahasan perkalian. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan PTK dengan model penelitiannya adalah siswa kalas III SDN Sepanjang II yang berjumlah 30 anak. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi LKS lembar tes. Untuk tes yang diberikan kepada siswa sebelumnya dilakukan validasi dengan hasil 0 756 dan rehabilitas 0 86. penelitian ini menggunakan standar ketuntasan belajar berdasarkan KTSP yaitu 75% untuk ketuntasan individu dan 80% untuk ketuntasan kelas. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan perkalian dengan penerapan strategi bermain menunjukkan ada peningkatan.Hal ini dapat di lihat dari nilai rata-rata sebelum menerapkan strategi bermain bermain hanya mencapai 65 3dengan 28 siswa (93 33%)yang belum tuntas dengan hanya 2siswa (6 67%)kemudian setelah menerapkan strategi bermain rata-rata siswa pada siklus I mencapai 73 2 dan di peroleh hasil dari 18 siswa (60%) telah mencapai ketuntasan indvidu dan 12 siswa (40%)belum mencapai ketuntasan individu.Dari siklus II mengalami peningkatan lagi yaitu hasil belajar dari 30 siswa telah di peroleh hasil 30 siswa telah mencapai ketuntasan individu (100%) untuk ketuntasan kelas juga sudah memenuhi criteria 80% dengan nilai rata-rata yang di peroleh 80. Penerapan strategi bermain kartu domino perkalian dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN Sepanjang II Kecamatan Gondanglegi.Hal ini dapat di lihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I yang mencapai 73 2 kemudian meningkatkan lagi pada siklus II sebanyak 9 2%dengan nilai rata-rata 80. Saran dari adanya penelitian ini adalah guru dapat menerapkan strategi bermain pada pembelajaran dengan cara memberikan bimbingan pada siswa dengan cara belajar melalui bermain yang menyenangkan sehingga konsep akan tertanam dengan sendirinya pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102487

Actions (login required)

View Item View Item