Meningkatkan hasil belajar PKn dengan strategi TTW (Think - Talk - Write) siswa kelas III SDN Gampeng II / Dianika Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar PKn dengan strategi TTW (Think - Talk - Write) siswa kelas III SDN Gampeng II / Dianika Ratnasari

Ratnasari, Dianika (2010) Meningkatkan hasil belajar PKn dengan strategi TTW (Think - Talk - Write) siswa kelas III SDN Gampeng II / Dianika Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Dianika. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar PKnDengan Strategi TTW ( THINK-TALK-WRITE ) Siswa Kelas III SDN Gampeng II. Kata kunci Strategi TTW Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas III melalui model pembelajaran TTW Think-Talk-Write. Dalam pembelajaran TTWada tiga tahap atau proses yang harus dilalui siswa. Tahap ke-1 Think siswa membaca teks dan membuat catatan. Pada tahap ini siswa berdialog dalam dirinya sendiri untuk mendapatkan pemahaman isi teks. Tahap ke-2 Talk pada tahapm ini siswa sharing dan bercerita tentang catatan yang sudah dibuat berdasarkan isi bacaan dengan teman yang dipilih untuk mendapat informasi. Tahap k2-3 write pada tahap ini siswa menyelesaikan masalah dan menuliskannya dalam LKS. Dal am Bahasan Sumpah Pemuda diharapkan siswa mampu memahami dan menceritakan kembali isi dari sejarah tersebut. Untuk itu peneliti menggunakan strategi TTW ini agar siswa terlatih bercerita tentang sejarah sumpah pemuda baik lisan maupun tulisan. Ketika peneliti menganalisis hasil ulangan harian siswa tidak mencapai keberhasilan yang disyaratkan atau 85 % dari jumlah siswa tidak tuntas belajar. Dari 19 siswa yang ada minimal 16 siswa harus tuntas belajar. Penelitian tindakan ini mengunakan metode penelitan kualitataf dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana dampak Strategi Pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) yang diterapkan dalam belajar mata pelajaran Pkn terhadap Hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Gampeng II Kecamatan Ngluyu Nganjuk Tahun Pelajaran 2008/2009. Rancangan penilitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari kegiatan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru serta hasil belajar siswa. Tahap perencanaan meliputi pembuatan rencana pembelajaran pemilihan metode media Tahap pelaksanaan atau tindakan dalam pembelajan dan terakhir adalah refleksi akhir untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pembelajaran TTW (Think-Talk-Write) dapat meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Negeri Gampeng II Kecamatan Ngluyu Nganjuk. Sebagai buktinya bahwa dari 19 siswa yang melakukan kegiatan belajar didapatkan nilai 50 dan 60 oleh sejumlah 0 siswa dengan prosentase 0% sedangkan kategori hasil belajar cukup adalah nilai 70 dengan frekuensi 3 dan prosentase 15 79% nilai cukup baik adalah 80 dengan frekuensi 9 dan prosentase 47 38%. nilai baik adalah 90 dengan frekuensi 4 dengan prosentase 21 05% sedangkan siswa yang memperoleh nilai 100 (sangat baik) sebanyak 3 siswa dengan prosentase 15 79%. Ketuntasan siswa mencapai 85 %. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa stratefi TTW dapat meningkatkan hasil belajar PKn Pokok Bahasan Sumpah Pemuda. Adapun siswa yang tidak tuntas belajar karena siswa tersebut malas belajar dan tidak ada motivasi belajar dari orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102486

Actions (login required)

View Item View Item