Penerapan pembelajaran tematik-tema lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN Penanggunan Malang / Nurainy Soraya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran tematik-tema lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN Penanggunan Malang / Nurainy Soraya

Soraya, Nurainy (2010) Penerapan pembelajaran tematik-tema lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN Penanggunan Malang / Nurainy Soraya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pendidikan di Indonesia terutama di tingkat sekolah dasar adalah masih berlakunya pengkotak-kotakan dengan sistem evaluasi dan tes hanyalah reproduksi informasi yang diberkan oleh guru. Sedangkan cara belajar anak usia sekolah dasar berada pada tahapan operasi konkret. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan tingkat efisiensi dan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran masih rendah hal ini disebabkan proses pembelajaran di SD kurang sesuai dengan tingkat perkembangan usia anak. Pembelajaran SD kelas rendah sebaiknya dilakukan secara terintegerasi yaitu tidak memandang bidang studi secara terpisah-pisah tetapi saling terkait satu sama lain. Hal ini yang menjadi pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang memasukkan pembelajaran terpadu untuk siswa sekolah dasar kelas rendah yaitu dengan menggunakan pembelajaran tematik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas dua SDN Penanggungan Malang . (2) Apakah penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan rasa senang siswa kelas dua dalam belajar di SDN Penanggungan Malang (3)Apakah penerapan model pembelajaran tematik dengan tema lingkungan dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas dua dalam belajar di SDN Penanggungan Malang (4) Apakah penerapan model pembelajaran tematik dengan tema lingkungan dapat meningkatkan interaksi siswa kelas dua dalam belajar di SDN Penanggungan Malang (5) Apakah penerapan model pembelajaran tematik dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep lingkungan siswa kelas dua SDN Penanggungan Malang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tematik-tema lingkungan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas dua SDN Penanggungan Malang. (2) Mendeskripsikan dampak peningkatan prestasi belajar siswa pada model pembelajaran tematik-tema lingkungan siswa kelas dua SDN Penanggungan Malang. (3) Mendeskripsikan dampak peningkatan aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran tematik-tema lingkungan siswa kelas dua SDN Penanggungan Malang. (4) Mendeskripsikan dampak peningkatan rasa senang belajar siswa pada model pembelajaran tematik-tema lingkungan siswa kelas dua SDN Penanggungan Malang. (5) Mendeskripsikan dampak peningkatan kreativitas siswa pada model pembelajaran tematik-tema lingkungan siswa kelas dua SDN Penanggungan Malang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus pada siklus I dilaksanakan selama dua hari sedangkan pada siklus II dilaksanakan selama lima hari. Subjek penelitian Subyek penelitian dibatasi pada siswa kelas II SDN Penanggungan Malang yang berjulah 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan wawancara. Sedangkan evaluasi yang dilakukan terfokus pada proses dan hasil dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik-tema lingkungan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 2 SDN Penanggungan Malang. Hal ini dapat dilihat pada peroleha skor uji komptensi yang meningkat tajam dari rata-rata sebelumnya 80 37 pada siklus I dan meningkat 87 63 pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai diatas 75 % jadi siklus dihentikan. Dampak penerapan pembelajaran tematik-tema lingkungan dapat meningkatkan aktivitas rasa senang dan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102484

Actions (login required)

View Item View Item