Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model TGT di kelas V SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Pikson Lesnussa - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model TGT di kelas V SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Pikson Lesnussa

Lesnussa, Pikson (2009) Meningkatkan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model TGT di kelas V SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Pikson Lesnussa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lesnussa Pikson. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model TGT di Kelas V SDN Gununggangsir III Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. (2). Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy S.Pd M.Pd. Kata kunci pembelajaran kooperatif TGT hasil belajar IPS sekolah dasar. Ilmu Pengetahuan Sosial bertujuan untuk membentuk siswa agar memiliki kemampuan dasar untuk berpikir kritis rasa ingin tahu menemukan memecahkan permasalahan dan memiliki keterampilan bekerjasama dalam kehidupan sosial. Selain itu siswa juga dituntut mampu berkomunikasi bekerjasama dan bersaing dengan sehat dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal nasional maupun global. Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Gununggangsir Beji adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kerjasama siswa dalam belajar. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gununggangsir III yang mencakup pemahaman konsep dan kemampuan kerjasama antar siswa. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran kooperatif model TGT. TGT terdiri atas lima komponen antara lain penyajian materi kerja kelompok turnamen rekornisi tim dan kuis/pos tes. Pembelajaran dilakasanam pada mata pelajaran IPS khususnya materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia. Rencana penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gununggangsir III kecamatan Beji kabupaten Pasuruan yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPS materi pokok kenampakan alam dan buatan di Indonesia secara klasikal mengalami peningkatan dari 63 39 % pada pra tindakan menjadi 73 04 % kemudian menjadi 82 13 % pada siklus II. Hasil belajar berupa keterampilan proses bekerjasama meningkat dari 58.62 % pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 93.33 % pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran kooperatif model TGT diterapkan. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mengajarkan mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102483

Actions (login required)

View Item View Item