Penerapan metode discovery terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep luas daerah segitiga dan jajargenjang siswa kelas IV SDN Brangkal I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro / Dwi Esti Mitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode discovery terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep luas daerah segitiga dan jajargenjang siswa kelas IV SDN Brangkal I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro / Dwi Esti Mitasari

Mitasari, Dwi Esti (2009) Penerapan metode discovery terbimbing untuk meningkatkan pemahaman konsep luas daerah segitiga dan jajargenjang siswa kelas IV SDN Brangkal I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro / Dwi Esti Mitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Brangkal I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro diperoleh data rata-rata nilai kelas dari 15 siswa adalah 61 6 dan masih ada 9 siswa yang belum mencapai SKM (standar ketuntasan minimal) yaitu skor nilai tes siswa 65. Keadaan demikian disebabkan karena guru langsung memberitahukan rumus luas bangun segitiga dan jajargenjang dan menyuruh siswa untuk menghafalnya. Sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menentukan luas karena siswa cenderung kesulitan untuk menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep luas daerah segitiga dan jajargenjang pada siswa dengan menggunakan metode discovery terbimbing. Metode discovery terbimbing adalah suatu metode yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran dimana guru membimbing siswa-siswanya dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis sehingga memungkinkan siswa menemukan atau merasa menemukan sendiri pola-pola atau struktur-struktur matematika melalui serentetan Pengalaman-pengalaman belajar yang lampau. Jenis penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dengan dua siklus. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Brangkal I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro sebanyak 15 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes evaluasi untuk mengetahui pemahaman konsep luas daerah segitiga dan jajargenjang siswa lembar observasi aktifitas guru dan siswa dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian yaitu pada siklus I aktivitas guru dengan persentase 84 6%. Pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan dengan presentase 89 2%. Pada siklus I aktivitas siswa dengan presentase 82 3%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan presentase 86 1%. Hasil tes pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 61 6. Pada siklus I nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yaitu menjadi 73 3. Pada siklus II nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 82 dan semua siswa telah mencapai SKM. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode discovery terbimbing telah berhasil diterapkan di kelas IV SDN Brangkal I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro karena telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Penerapan metode discovery terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep luas daerah segitiga dan jajargenjang siswa kelas IV SDN Brangkal I Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro yang dapat ditunjukkan dari adanya peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8 7 dan semua siswa telah mencapai SKM. Sehingga dapat di ajukan saran dalam proses pembelajaran guru hendaknya melibatkan siswa secara langsung untuk melakukan kegiatan karena dapat meningkatkan pemahaman konsep pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102482

Actions (login required)

View Item View Item