Pemenuhan kebutuhan informasi untuk menunjang kemampuan berbahasa mahasiswa Jurusan Sastra Inggris melalui Layanan ESAC (English Self Access Center) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Laras Diah Panulih Putri

Putri, Laras Diah Panulih (2018) Pemenuhan kebutuhan informasi untuk menunjang kemampuan berbahasa mahasiswa Jurusan Sastra Inggris melalui Layanan ESAC (English Self Access Center) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Laras Diah Panulih Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Putri, Laras Diah Panulih. 2018. Pemenuhan Kebutuhan Informasi untuk Menunjang Kemampuan Berbahasa Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Melalui Layanan ESAC (English Self Access Center) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., (II) Taufiq Kurniawan S.IP, M.IP Kata Kunci: Pemenuhan, Kebutuhan Informasi, Mahasiswa, Kemampuan Berbahasa, ESAC (English Self Access Center) Kebutuhan informasi muncul karena adanya kesenjangan antara informasi yang dimiliki dengan informasi yang dibutuhkan. Kurikulum 2017 jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang mewajibkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah English Language Skill. Kemampuan berbahasa tersebut meliputi kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. ESAC (English Self Access Center) merupakan pusat sumber belajar mandiri mahasiswa jurusan Sastra Inggris untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam menunjang kemampuan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan informasi untuk menunjang kemampuan berbahasa mahasiswa jurusan Sastra Inggris melalui layanan ESAC, perilaku pemenuhan kebutuhan informasi untuk menunjang kemampuan berbahasa mahasiswa jurusan Sastra Inggris melalui layanan ESAC, dan hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa jurusan Sastra Inggris saat memenuhi kebutuhan informasi untuk menunjang kemampuan berbahasa melalui layanan ESAC. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi deskriptif. Data penelitian berupa paparan pembahasan mengenai kebutuhan informasi, perilaku pemenuhan kebutuhan informasi dan hambatan pemenuhan kebutuhan informasi untuk menunjang kemampuan berbahasa mahasiswa jurusan Sastra Inggris melalui layanan ESAC. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan menggunakan wawancara terstruktur dan observasi pasif. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi yang dimulai reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan sebagai berikut. Pertama, ESAC belum memenuhi kebutuhan informasi untuk menunjang kemampuan berbicara dan kemampuan menulis mahasiswa jurusan Sastra Inggris. Mahasiswa jurusan Sastra Inggris memiliki enam karakteristik kebutuhan informasi yaitu (1) tingkat semester mempengaruhi kebutuhan informasi dalam menunjang kemampuan berbahasa melalui layanan ESAC, (2) mahasiswa jurusan Sastra Inggris memiliki motivasi tinggi untuk memenuhi kebutuhan informasi kemampuan berbahasa melalui layanan ESAC, (3) mahasiswa jurusan Sastra Inggris menggabungkan informasi lama dengan informasi baru untuk memenuhi kebutuhan informasi kemampuan berbahasa, (4) mahasiswa jurusan Sastra Inggris melakukan antisipasi vi vi untuk kebutuhan informasi kemampuan berbahasa yang akan datang, (5) mahasiswa jurusan Sastra Inggris sangat membutuhkan informasi untuk menunjang kemampuan mendengar dan kemampuan membaca di ESAC, (6) mahasiswa jurusan Sastra Inggris tidak mengalami kerumitan masalah kebutuhan informasi selama berada di ESAC. Kedua, mahasiswa jurusan Sastra Inggris melakukan tahap perilaku pemenuhan kebutuhan informasi, yaitu starting, chaining, browsing, monitoring, accessing, differentiating, extracting, verifying, networking, dan information managing. Sepuluh tahap perilaku pemenuhan kebutuhan informasi kemampuan berbahasa tersebut dilakukan dengan runtut, tetapi tahap monitoring tidak dilakukan secara mendalam oleh mahasiswa jurusan Sastra Inggris. Ketiga, hambatan yang dihadapi mahasiswa jurusan Sastra Inggris adalah kondisi psikologis, lingkungan dan keterbatasan sumber informasi untuk menunjang kemampuan menulis dan kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

View Item View Item