Peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara siswa dengan pendekatan pragmatik di kelas V SDN Karanganyar I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Sisilia Heatubun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara siswa dengan pendekatan pragmatik di kelas V SDN Karanganyar I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Sisilia Heatubun

Heatubun, Sisilia (2010) Peningkatan hasil belajar keterampilan berbicara siswa dengan pendekatan pragmatik di kelas V SDN Karanganyar I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan / Sisilia Heatubun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Heatubun Sisilia. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara dengan Pendekatan Pragmatik di Kelas V SDN Karanganyar I Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (2) Dra. Winihasih M.Pd Kata kunci Pendekatan pragmatik keterampilan berbicara Sekolah Dasar. Bahasa Indonesia berperan sebagai alat untuk mempersatukan keberagaman bahasa adat istiadat suku dan budaya. Bertolak dari hal tersebut siswa diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa belum mampu berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta tidak sesuai dengan situasi dan konteks sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Karanganyar I yang mencakup kelancaran berbicara intonasi strukutur kalimat ketepatan pilihan kata kontak mata yang sesuai dengan situasi dan konteks. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Pendekatan pragmatik membelajarkan siswa agar dapat berbicara sesuai situasi dan konteks antara lain siapa di mana kapan tujuan dan peristiwa apa Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahap perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 49 orang siswa di SDN Karanganyar I kecamatan Kraton kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes observasi dan wawancara selama proses pembelajaran. Dalam penelitian ini pendekatan pragmatik diterapkan dalam matapelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN Karanganyar I. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep tentang situasi dan konteks saat berbicara secara klasikal mengalami peningkatan dari 57 1% pada pra tindakan menjadi 65 9% pada siklus I. Selanjutnya menjadi 82 0% pada suklus II. Hasil belajar yang berupa tes secara lisan pada siklus I diperoleh skor 51 5% dan menjadi 74 3% pada siklus II. Hasil belajar yang berupa proses kegiatan belajar siswa pada siklus I diperoleh skor 51 1% dan mengalami peningkatan menjadi 74 4%. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Hal ini disimpulkan bahwa pendekatan pragmatik telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran dengan pendekatan pragmatik dalam mengajarkan matapelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102479

Actions (login required)

View Item View Item