Peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran berbasis portofolio kelas III SDN Pelem II Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk / Mei Wulandari Septiningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran berbasis portofolio kelas III SDN Pelem II Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk / Mei Wulandari Septiningtyas

Septiningtyas, Mei Wulandari (2009) Peningkatan hasil belajar IPS dengan model pembelajaran berbasis portofolio kelas III SDN Pelem II Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk / Mei Wulandari Septiningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran berbasis portofolio merupakan model pembelajaran yang dirancang untuk mendorong kompetensi tanggung jawab dan partisipasi peserta didik. Pembelajaran berbasis portofolio memposisikan siswa sebagai titik sentralnya. Dalam pembelajaran siswa dimotivasi untuk mau dan mampu melakukan sesuatu dengan lebih mngintensifkan interaksi dengan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis portofolio dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pelem II kecamatan Kertosono kabupaten Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian pengamatan (observasi) catatan lapangan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis portofolio dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pelem II kecamatan Kertosono kabupaten Nganjuk. Dengan pembelajaran berbasis portofolio siswa menjadi aktif kreatif dan berani mengeluarkan atau menyampaikan pendapat. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah pembelajaran berbasis portofolio dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Pelem II kecamatan Kertosono kabupaten Nganjuk. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan strategi pembelajaran berbasis portofolio dapat diterapkan dalam penyampaian materi maupun pemberiam tugas dan penilaian peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102478

Actions (login required)

View Item View Item