Peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN Sambi II Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri melalui pembelajaran kooperatif numbered head together / Wahyu Kinasih Herlambang - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN Sambi II Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri melalui pembelajaran kooperatif numbered head together / Wahyu Kinasih Herlambang

Herlambang, Wahyu Kinasih (2010) Peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN Sambi II Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri melalui pembelajaran kooperatif numbered head together / Wahyu Kinasih Herlambang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herlambang Wahyu Kinasih. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas III SDN Sambi II Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri Melalui Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutarno M.Pd (II) Suminah S.Pd M.Pd. Kata Kunci peningkatan prestasi kooperatif numbered head together Berdasarkan hasil wawancara tidak terstruktur observasi tes maupun dokumentasi didapatkan bahwa banyak siswa yang mengalami permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar tersebut bermacam-macam diantaranya adalah pembelajaran yang terlalu banyak menggunakan metode ceramah terlebih pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang memiliki materi lebih banyak dibanding dengan mata pelajaran lain atau kurangnya variasi model pembelajaran yang menyebabkan siswa mudah bosan. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN Sambi II Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri masih di bawah kriteria ketuntasan. Penyebab utama dari permasalahan tersebut adalah kurangnya variasi model pembelajaran sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang ada. Dengan adanya permasalahan tersebut maka pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk mentransformasi materi terhadap siswa tidak akan berjalan secara maksimal. Untuk itu perlu adanya penyelesaian dalam permasalahan tersebut. Salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan variasi model pembelajaran yang salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif numbered head together. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi pembelajaran IPS pada siswa kelas III selain itu penulis juga ingin menerapkan model pembelajaran numbered head together agar siswa tidak merasa bosan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Sambi II Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari Pra tindakan menggunakan metode caramah tanya jawab diskusi penugasan tanpa menggunakan kooperatif numbered head together. Siklus I menggunakan model kooperatif numbered head together. Siklus II menggunakan model numbered head together dengan lingkungan sebagai media dalam pembelajara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif numbered head together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SDN Sambi II. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan rata-rata siswa dari pra tindakan yang rata-rata perolehan nilai adalah 60 5 atau ketuntasan belajar 25%. Dengan demikian pada pra tindakan dinyatakan tidak tuntas. Kemudian pada siklus I dinyatakan tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata kelas 76 dan ketuntasan 78%. Pada siklus I ini dinyatakan tidak tuntas dikarenakan kriteria ketuntasan adalah banyak siswa yang mendapatkan nilai minimal 70 sebanyak 100%. Untuk siklus II perolehan nilai rata-rata kelas mencapai 90 dan ketuntasan mencapai 90%. Siklus II ini dinyatakan tuntas karena jumlah siswa yang mendapat nilai minimal 70 sebanyak 90%. Dalam siklus II ini terdapat 3 siswa yang tidak dapat mencapai ketuntasan belajar hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan siswa berdasarakan catatan dari guru yang dibuktikan dengan pelaksanaan pra tindakan siklus I dan siklus II prestasi belajar ketiga anak tidak mengalami peningkatan. Untuk itu memerlukan bimbingan khusus bagi ketiga siswa tersebut. Berasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif numbered head together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III. Tentunnya model pembelajaran ini bisa di terapkan pada kelas yang berbeda tingkatan yang berbeda ataupun mata pelajaran yang berbeda. Saran dari penelitian ini adalah guru sebaiknya menggunakan model kooperatif numbered head together untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai variasi model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102472

Actions (login required)

View Item View Item