Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kecakapan berpikir (Thinking skill) dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Belotan I / Tri Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kecakapan berpikir (Thinking skill) dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Belotan I / Tri Susilowati

Susilowati, Tri (2009) Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kecakapan berpikir (Thinking skill) dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Belotan I / Tri Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilowati T. 2008. Penerapan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kecakapan Berpikir (Thinking Skill) dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Belotan I. Skripsi Program Studi S-1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suharjo M.S M.A (II) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd Kata-kata kunci pendekatan problem posing kecakapan berpikir (thinking skill) prestasi belajar matematika SDN Belotan I Belajar matematika merupakan perbuatan yang kompleks karena melibatkan banyak komponen dan faktor yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil pengamatan pada siswa kelas V SDN Belotan I diketemukan bahwa kecakapan berpikir dan prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran yang berbasis konstruktivisme yaitu dengan pendekatan problem posing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan penerapan pendekatan problem posing dan (2) apakah penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kecakapan berpikir (thinking skill) dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Belotan I. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Belotan I. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan pendekatan problem posing dan (2) untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kecakapan berpikir (thinking skill) dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Belotan I. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah luas bangun datar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa persentase rata-rata kecakapan berpikir (thinking skill) siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 46% menjadi 64%. Rata-rata prestasi belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan. Rata-rata prestasi belajar matematika siswa sebelum tindakan adalah 53 13. Setelah pelaksanaan tindakan rata-rata prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 63 91 menjadi 71 41. Persentase ketuntasan klasikal sebelum tindakan adalah 12 5%. Setelah pelaksanaan tindakan meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 31 25% menjadi 68 75%. Kendati dibutuhkan waktu tambahan untuk melakukan pembelajaran dengan pendekatan problem posing tetapi berdasarkan hasil penelitian dapat dibuktikan bahwa penerapan pendekatan problem posing dapat meningkatkan kecakapan berpikir (thinking skill) dan prestasi belajar matematika. Oleh sebab itu dapat disarankan agar para guru khususnya guru matematika di SDN Belotan I dan pada umumnya untuk dapat menerapkan pendekatan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102470

Actions (login required)

View Item View Item