Rianti, Dwi (2009) Peningkatan pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran kooperatif di kelas V SDN Tembarak I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk / Dwi Rianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rianti Dwi 2008 Peningkatan Pemahaman Konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran kooperatif di kelas V SDN Tembarak I Kecamatan Kertosono Kab. Nganjuk Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. H.M. Zainuddin M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si. Kata kunci Konsep faktorisasi prima pembelajaran kooperatif Pembelajaran matematika di SD masih banyak diberikan pada siswa dengan mengerjakan soal-soal KPK dan FPB dengan menggunakan pohon faktor belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu masih banyak siswa dalam mengalikan bilangan pangkat terdapat kesalahan. Kondisi siswa yang demikian ini perlu di ubah dengan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika khususnya kompetensi dasar pemahaman konsep faktorisasi prima untuk menyelesaikan soal KPK dan FPB. Selain dengan diberikan pembelajaran yang tepat. Salah satu pembelajaran tersebut adalah pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran kooperatif. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan rancangan 3 siklus. Pada siklus pertama menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Think-pair-share. Siklus kedua menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Think-pair-square. Siklus ketiga menggunakan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Expert Group. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tembarak I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Semester I tahun pelajaran 2008/2009. Instrumen pengumpulan data Lembar observasi Wawancara Catatan lapangan Lembar tugas atau soal dan Dokumentasi dan penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi aktivitas siswa Hasil Belajar Siswa Nilai prestasi belajar Tanggapan Kolaborator terhadap Guru. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa semula siswa belum begitu paham mengenai konsep faktorisasi prima mealui pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share. Siswa mulai paham dan dapat mengerjakan soal KPK dan FPB dengan benar tetapi masih terdapat kesalahan sehingga perlu diadakan tindak lanjut siklus berikutnya. Siklus II peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-square. Dan pada pembelajaran siklus II ini siswa sudah banyak yang dapat memahami konsep faktorisasi prima dan dapat menjawab pertayaan dengan benar tetapi belum 100% benar sehingga perlu adanya tindak lanjut siklus berikutnya. Siklus III peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Expert Group. Hasil dari penelitian siklus III siswa sudah paham semua mengenai konsep faktorisasi prima sehingga diperoleh hasil belajar yang memuaskan sehingga pembelajaran berhenti pada siklus III. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep faktorisasi prima melalui pembelajaran kooperatif dapat diterapkan dengan baik. Disarankan kepada guru agar menggunakan pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pembelajaran mengatasi permasalahan yang terjadi di SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102469 |
Actions (login required)
View Item |