Nurhayati, Sri (2009) Pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah dasar gugus V Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2007/2008 / Sri Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurhayati Sri. 2008. Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Gu-gus V Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi SI PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Dra. Sutji Rahayu M.Si. Kata kunci pembelajaran tematik sekolah dasar Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran inovatif dalam rangka me-ningkatkan mutu pendidikan. Pembelajaran tematik diharapkan dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Kenyataan di lapangan guru-guru masih me-laksanakan pembelajaran secara terpisah untuk setiap mata pelajaran. Tujuan penelitian untuk (1) mengetahui gambaran umum pelaksanaan pembelajaran tematik (2) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik (3) mengetahui upaya-upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Gugus V Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2007/2008. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif Dengan demikian laporan penelitian berupa gambaran (deskripsi) yang berisi kutipan-kutipan dari hasil yang diperoleh dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket observasi wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket pedoman wawancara pedoman observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Gugus V belum maksimal (2) guru mengalami hambatan dalam melaksanakan pembelajaran tematik (3) upaya yang dilakukan guru adalah diskusi dengan teman sejawat membahas dalam KKG dan mengikuti Diklat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) pembelajaran tematik sudah dilaksanakan namun pelaksanaannya masih belum maksimal (2) hambatan yang dialami guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik meliputi hambatan tentang pemahaman guru membuat perencanaan pembelajaran tematik dan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas (3) upaya yang sudah dilakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan yaitu mengadakan diskusi dengan teman sejawat membahas dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) di Gugus V dan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan pihak terkait yang berkompeten dengan pendidikan. Disarankan pada guru-guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya sesuai dengan prosedur yang ditetapkan sesuai dengan KTSP yaitu pembelajaran tematik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102468 |
Actions (login required)
View Item |