Penerapan metode inkuiri sosial untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Bantaran I Probolinggo: pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia / Alif Savitri Pramundari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode inkuiri sosial untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Bantaran I Probolinggo: pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia / Alif Savitri Pramundari

Pramundari, Alif Savitri (2009) Penerapan metode inkuiri sosial untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Bantaran I Probolinggo: pokok bahasan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia / Alif Savitri Pramundari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramundari A. Savitri. 2008. Penerapan Metode Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Bantaran I Probolinggo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah (KSDP) Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Drs. H Sutarno M.Pd. (II) Dr. H Sa dun Akbar M.Pd. Kata Kunci metode inkuiri hasil belajar IPS Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan metode inkuiri sosial di kelas V SDN Bantaran I Probolinggo dan mengetahui apakah penerapan metode inkuiri sosial dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Bantaran I Probolinggo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) . Data penelitian ini berupa proses pembelajaran kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Bantaran I Probolinggo. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah pedoman penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pedoman penilaian aktifitas siswa dan soal tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri sudah terkondisikan dengan baik dan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun (2) terdapat peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri (3) adanya peningkatan tingkat keaktifan siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode inkuiri (4) Penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar supaya (1) siswa lebih aktif selama melaksanakan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri (2) Guru lebih banyak menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran dan menambah pengetahuan mengenai pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri agar pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dapat lebih maksimal (3) hendaknya kepala sekolah memberikan bekal mengenai metode inkuiri kepada guru-guru dengan cara menugaskan guru untuk mengikuti kegiatan seminar ataupun penataran (4) untuk peneliti selanjutnya hendaknya memaksimalkan waktu pertemuan ketika melakukan penelitian tentang pembelajaran dengan menerapkan metode inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102467

Actions (login required)

View Item View Item