Penerapan pembelajaran kooperatif model "Numbered Head Together" untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada tema pengalaman siswa kelas 1 semester 1 SDN percobaan 1 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Dewi Urifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model "Numbered Head Together" untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada tema pengalaman siswa kelas 1 semester 1 SDN percobaan 1 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Dewi Urifah

Urifah, Dewi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model "Numbered Head Together" untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada tema pengalaman siswa kelas 1 semester 1 SDN percobaan 1 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Dewi Urifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Urifah Dewi. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Tema Pengalaman Siswa Kelas I SDN Percobaan I Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan S1-PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Dr. Hj. Ruminiati M.Si Kata kunci NHT hasil belajar siswa IPS Kelas I SDN Percobaan I Dalam usaha peningkatan hasil belajar siswa diperlukan suatu bentuk pembelajaran yang efektif dan efisien antara lain dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan. Hasil pengamatan yang telah dilakukan dalam proses pembelajaran di SDN Percobaan 1 Malang khususnya pada kelas I bahwa pembelajaran IPS di sekolah cenderung hanya menggunakan metode ceramah saja dan siswa hanya berfikir individu tanpa ada komunikasi atau sharing pendapat antar teman pembelajaran kooperatif belum pernah dilaksanakan di SDN Percobaan I khususnya kelas I serta banyaknya siswa yang terlihat kurang bersemangat pada waktu pembelajaran yang disebabkan pelajaran IPS disajikan pada jam terakhir sehingga siswa sudah merasa sangat lelah dan ingin cepat pulang. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari proses belajar rata-rata ulangan harian menjadi kurang maksimal dibandingkan pembelajaran bidang studi yang lainnya dan berdampak pada tingginya siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal sebesar 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas I setelah diterapkan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan mulai bulan Oktober-Nopember 2008. Instrumen penelitian ini antara lain dokumentasi LKS Post Test lembar observasi angket dan catatan lapangan yang ditujukan kepada guru kelas dan siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa terbukti sebelum diterapkan pembelajaran NHT rata-rata siswa sebesar 71 3 dan setelah diterapkan pembelajaran NHT mengalami peningkatan dengan skor rata-rata pada siklus I sebesar 76 97 dan mengalami peningkatan skor rata-rata pada siklus II sebesar 87 4. Berdasarkan data yang diperoleh melalui angket bahwa siswa yang menyukai pembelajaran IPS dengan menggunakan metode ini sebesar 90% siswa lebih berani menyampaikan pendapat sebesar 92% siswa lebih terdorong untuk menguasai materi pelajaran IPS sebesar 99% siswa lebih aktif dalam belajar di kelas sebesar 98% dan siswa merasa pelajaran IPS lebih mudah dipahami dan dipelajari sebesar 98%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Maka berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada guru-guru Sekolah Dasar untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model NHT pada pelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102466

Actions (login required)

View Item View Item