Penerapan pembelajaran membaca cepat melalui metode SQ3R untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Indonesia di kelas IV SDN Jatitengah 02 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blita / Burhannudin Aulia Prista - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran membaca cepat melalui metode SQ3R untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Indonesia di kelas IV SDN Jatitengah 02 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blita / Burhannudin Aulia Prista

Prista, Burhannudin Aulia (2009) Penerapan pembelajaran membaca cepat melalui metode SQ3R untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang studi bahasa Indonesia di kelas IV SDN Jatitengah 02 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blita / Burhannudin Aulia Prista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan membaca sebagai salah satu keterampilan yang harus dikembangkan di sekolah secara khusus bertujuan membentuk kemampuan siswa untuk memahami informasi secara kreatif dan kritis dalam bentuk gagasan pendapat pengalaman pesan dan perasaan secara tertulis. Selain tujuan itu pembelajaran membaca bertujuan membentuk kepekaan dalam memahami realitas serta meningkatkan kemampuan intelektual yakni berpikir kreatif menggunakan akal sehat dalam menyimpulkan sesuatu fenomena menerapkan pengetahuan yang berguna memahami dan menekuni konsep abstrak serta kemampuan memecahkan masalah. Pada SDN Jatitengah 02 pembelajarannya belum begitu menunjukkan hal tersebut. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pelaksanaan pembelajaran membaca cepat bidang studi Bahasa Indonesia diperoleh permasalahan sebagai berikut (1) hasil prestasi belajar siswa dalam bentuk pengetahuan kebahasaan hanya 69 64% (2) hasil prestasi belajar dalam bentuk informasi verbal yaitu jumlah penguasaan kata dari batas minimal yang ditentukan yaitu 150 kpm hanya 6 siswa (3) hasil prestasi belajar siswa dalam bentuk kemahiran intelektual yaitu pemahaman isi bacaan hanya mencapai 56 92%. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca cepat melalui metode SQ3R dalam bidang studi Bahasa Indonesia di kelas IV SDN Jatitengah 02 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dalam bentuk pengetahuan kebahasaan (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dalam bentuk informasi verbal/jumlah penguasaan kata (3) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dalam bentuk kemahiran intelektual/pemahaman isi bacaan. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode membaca cepat SQ3R (survey question read recite or recall review). Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Jatitengah 02 yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi selama pembelajaran. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan analisis kuantitatif untuk hasil tes pada setiap akhir siklus sedangkan analisis deskriptif kualitatif menggunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan dilakukan terhadap hasil prestasi belajar secara keseluruhan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada setiap siklusnya yang melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes sumatif dan Instrumen observasi. Hasil penelitian yang telah diperoleh adalah sebagai berikut (1) hasil prestasi belajar siswa dalam bentuk pengetahuan kebahasaan meningkat dari 69 64% pada pra tindakan meningkat menjadi 73 92% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 76 43% pada siklus II (2) hasil prestasi belajar dalam bentuk informasi verbal yaitu jumlah penguasaan kata dari batas minimal yang ditentukan yaitu 150 kpm(kata per menit) hanya 6 siswa yang mampu memenuhinya pada tahap pra tindakan. Jumlah siswa yang mampu memenuhi kriteria minimal 150 kpm (kata per menit) meningkat menjadi 8 siswa pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 10 siswa pada siklus II dengan demikian kriteria 75% telah terpenuhi karena 10 siswa dari total 14 siswa telah memenuhi batas minimal 150 kpm(kata per menit) (3) hasil prestasi belajar siswa dalam bentuk kemahiran intelektual yaitu pemahaman isi bacaan pada tahap pra tindakan hanya mencapai 56 92% hal ini meningkat menjadi 70 85% pada siklus I sedangkan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76 57%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran membaca cepat dengan melalui metode SQ3R dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dalam bentuk pengetahuan kebahasaan informasi verbal dan kemahiran intelektual siswa SDN Jatitengah 02 Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar guru dalam hal ini peneliti sendiri maupun guru yang lainnya dapat menerapkan pembelajaran yang lebih mengutamakan pengembangan diri siswa dengan memberikan ruang gerak yang cukup bagi siswa untuk mengaktualisasikan diri dan lebih terpusat pada siswa serta penerapan metode SQ3R yang dapat dipadukan dengan berbagai metode yang lain guna memperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102465

Actions (login required)

View Item View Item