Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di MI Senden tahun ajaran 2007/2008 / Naning Dwi Cahyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di MI Senden tahun ajaran 2007/2008 / Naning Dwi Cahyarini

Cahyarini, Naning Dwi (2009) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA di MI Senden tahun ajaran 2007/2008 / Naning Dwi Cahyarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan ilmu yang membahas tentang gejala alam yang bersifat empirik. Gejala alam tersebut menjadikan pembelajaran IPA tidak hanya verbal tetapi juga faktual. Pada kenyataannya pembelajaran IPA di MI Senden belum mencerminkan pembelajaran yang empirik dan faktual. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap pelaksanaan pembelajaran IPA di MI Senden diperoleh permasalahan sebagai berikut (1) prestasi belajar siswa yang berupa pemahaman konsep masih kurang yaitu dengan rata-rata 61 5% (2) prestasi belajar siswa yang berupa keterampilan mengkomunikasikan hasil kerja siswa masih perlu dikembangkan yaitu dengan rata-rata 67 03% (3) prestasi belajar siswa yang berupa berpikir kritis belum mencapai target yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata 61 55%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA kelas IV di MI Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek mendiskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa yang berupa pemahaman konsep keterampilan mengkomunikasikan hasil kerja dan sikap berpikir kritis. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran sebagai upaya untuk mengatasi permasahan tersebut. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Senden yang berjumlah 38 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi tes dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan terhadap hasil tes yang dilaksanakan pada akhir siklus. Analisis deskriptif kualitatif dalam penelitian ini menggunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan dilakukan terhadap prestasi belajar siswa secara keseluruhan. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan evaluasi serta refleksi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pedoman observasi dan skala bertingkat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut prestasi belajar siswa yang berupa pemahaman konsep IPA secara klasikal mengalami peningkatan dari 61 5% pada pra tindakan menjadi 72 89% pada siklus I kemudian menjadi 77 5% pada siklus II. Prestasi belajar yang berupa keterampilan proses mengkomunikasikan hasil kerja mengalami peningkatan dari 67 03% pada pra tindakan menjadi 72 37% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 77 97% pada siklus II. Prestasi belajar yang berupa sikap berpikir kritis mengalami peningkatan dari 61 55% pada pra tindakan menjadi 67 39% pada siklus I kemudian meningkat menjadi 75 78% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA dengan materi pokok Energi dan Perubahannya keterampilan mengkomunikasikan hasil kerja dan sikap berpikir kritis siswa di MI Senden Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA dan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga prestasi belajar siswa meningkat dan pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Bagi peneliti lain diharapkan untuk meneliti model pembelajaran inkuiri pada materi yang lain dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102463

Actions (login required)

View Item View Item