Penggunaan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika pokok bahasan FPB dan KPK kelas IV SDN Sambigede 03 Kec. Binangun Kab. Blitar / Eva Kusumaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika pokok bahasan FPB dan KPK kelas IV SDN Sambigede 03 Kec. Binangun Kab. Blitar / Eva Kusumaningrum

Kusumaningrum, Eva (2009) Penggunaan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika pokok bahasan FPB dan KPK kelas IV SDN Sambigede 03 Kec. Binangun Kab. Blitar / Eva Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelajaran matematika sampai saat ini masih menjadi momok bagi sebagian besar siswa. Kondisi seperti ini tidak boleh kita biarkan begitu saja. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu penyebab mengapa nilai matematika selalu menempati peringkat terbawah dari mata pelejaran lainnya. dalam penelitian ini penulis mencoba mengetengahkan salah satu bentuk pembelajaran yang menekankan keaktifan peserta didik dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan siswa terhadap materi FPB dan KPK kelas IV SDN Sambigede 03 sebelum dan sesudah diterapkannya metode penemuan terbimbing. Selain itu mendeskripsikan tentang peningkatan penguasaan siswa terhadap materi FPB dan KPK dengan penerapan metode penemuan terbimbing di SDN Sambigede 03. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu pra tindakan siklus I siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi FPB dan KPK siswa kelas IV SDN Sambigede 03. dalam setiap kegiatannya mengalami peningkatan. Pada kegiatan pra tindakan belum menggunakan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran dan hasil prestasi belajar matematika siswa belum berhasil. Pada kegiatan siklus I mulai diterapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran dan hasil prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan meskipun belum berhasil. Pada kegiatan siklus II juga diterapkan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran dan hasil prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan dan berhasil. Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN Sambigede 03 cukup efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa. Selain iti metode ini dapat melatih siswa untuk mengembangkan daya nalarnya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102462

Actions (login required)

View Item View Item