Peningkatan hasil belajar luas bangun segi banyak melalui pembelajaran konstruktivisme dengan model diskusi kelompok di kelas VI SD Negeri Ngoran 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Meiarini Priastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar luas bangun segi banyak melalui pembelajaran konstruktivisme dengan model diskusi kelompok di kelas VI SD Negeri Ngoran 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Meiarini Priastuti

Priastuti, Meiarini (2009) Peningkatan hasil belajar luas bangun segi banyak melalui pembelajaran konstruktivisme dengan model diskusi kelompok di kelas VI SD Negeri Ngoran 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Meiarini Priastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priastuti Meiarini. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Luas Bangun Segi Banyak melalui Pembelajaran Konstruktivisme Dengan Model Diskusi Kelompok di Kelas VI SD Negeri Ngoran 02 Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dr. H.M Zainuddin M.Pd (II) Drs. Imam Hanafi M.M Kata Kunci Konstruktivisme Diskusi kelompok Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran matematika khususnya mengenai pembelajaran luas bangun segi banyak yang diterapkan pada anak usia sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pembelajaran konstruktivisme dengan model diskusi kelompok hal ini dikarenakan dalam pembelajaran luas bangun segi banyak ini siswa diajari untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri dengan saling bertukar ide dalam satu satu kelompok diskusi. Pada pembelajaran luas bangun segi banyak ini digunakan pendekatan konstruktivisme mengarahkan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pembelajaran konstruktivisme ini merupakan pembelajaran yang menekankan pada beberapa hal yaitu bahwa pembelajar telah memiliki pengetahuan awal proses belajar yang terjadi merupakan proses pengkonstruksian suatu pengetahuan berdasarkan pengetahuan yang telah dimiliki terjadinya proses belajar diharapkan akan terjadi perubahan konsepsi pebelajar proses pengkontruksian pengetahuan berlangsung dalam suatu konteks sosial tertentu. dan yang terakhir pembelajar bertanggung jawab terhadap proses belajarnya. Dalam penerapan konstruktivisme ini peneliti gunakan model diskusi kelompok sebagai sarana untuk siswa-siswa yang kurang memahami mengenai luas bangun segi banyak ini dan lebih memahami bila didiskusikan dalam kelompoknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI sulit dalam menyelesaikan permasalahan matematika mengenai mencari luas bangun segi banyak. Terbukti dari hasil observasi yang telah dmilakukan ada 50% lebih siswa kelas VI yang hasil belajarnya belum mencapai target minimal. Dari penelitian ini dilakukan perbaikkan pemelajaran secara bersiklus. Pada siklus 1 pembelajaran belum mencapai target minimal terbukti siswa yang mampu mencapai target minimal mencapai 18 siswa ini mencapai 48 6% dari 37 siswa. Dan siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal ada 19 siswa ini berarti ada 51.3% siswa belum mencapai target minimal. Kemudian dilakukan perbaikkan pembelajaran pada siklus 2 dan hasil belajar mengalami peningkatan. Terbukti pada siklus 2 ini ada 29 anak jika diprosentase telah mencapai 78 3 % Berdasarkan hasil penelitian in dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya tentang pendekatan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran matematika dan serta harus memperhatikan juga hal-hal yang mempengaruhi dalam proses pembelajaran matematika di kelas VI mengenai luas bangun segi banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102461

Actions (login required)

View Item View Item