Yusseno, Ivo Damayanti (2009) Meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif model investigasi kelompok di kelas V SDN Ngembul 03 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar / Ivo Damayanti Yusseno. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yusseno Ivo Damayanti. 2008. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok di Kelas V SDN Ngembul 03 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd. (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif investigasi kelompok hasil belajar IPS sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan cara pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok di Kelas V SDN Ngembul 03 (2) Meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas V SDN Ngembul 03 (3) Meningkatkan motivasi belajar IPS siswa Kelas V SDN Ngembul 03. Permasalahan yang ada di sekolah adalah rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS. Perlu diadakan inovasi dalam pembelajaran IPS. Metode pembelajaran Model Investigasi Kelompok adalah metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif mulai perencanaan hingga evaluasi. Investigasi kelompok terdiri atas tujuh tahap yaitu seleksi topik organisasi siswa perencanaan kerjasama implementasi rencana investigasi analisis dan sintesis data presentasi dan evaluasi. Rancangan penelitian dengan pendekatan kualitatif yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian 35 orang siswa Kelas V SDN Ngembul 03 Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Subyek penelitian 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes angket dan observasi. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus melalui tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes angket format observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut Hasil belajar kelompok berupa pemahaman konsep meningkat dari 86 5% pada siklus I menjadi 94 5% pada siklus II hasil belajar individu meningkat dari 60 57% sebelum tindakan menjadi 71 14% pada siklus I dan 80 14% pada siklus II. Motivasi belajar IPS siswa meningkat dari 48 57% menjadi 57 14% pada siswa yang motivasi belajarnya tinggi dan 2 86% menjadi 14 28% pada siswa yang motivasi belajarnya sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok berhasil dilaksanakan dengan baik dan meningkatkan hasil belajar serta motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN Ngembul 03. Disarankan guru melaksanakan pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok sebagai salah satu pilihan dalam pembelajaran IPS agar hasil belajar dan motivasi belajar siswa meningkat. Sekolah dan lingkungan diharapkan berperan aktif dalam menfasilitasi kegiatan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102459 |
Actions (login required)
View Item |