Model pembelajaran tematik berbasis multiple intelligence di kelas 1 SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman" Kecamatan Klojen Kota Malang / Sumiatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran tematik berbasis multiple intelligence di kelas 1 SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman" Kecamatan Klojen Kota Malang / Sumiatun

Sumiatun (2010) Model pembelajaran tematik berbasis multiple intelligence di kelas 1 SD Muhammadiyah 9 "Panglima Sudirman" Kecamatan Klojen Kota Malang / Sumiatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumiatun 2006 . Model Pembelajaran Tematik berbasis multiple Intelligence di kelas I SD Muhammadiyah 9 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan FIP .Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Purwendarti M.Pd (II) Drs. Tumardi S.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Tematik Multiple Intelligence kelas I SD Tugas Guru meliputi perencana pelaksana dan pengevaluasi dalam proses pembelajaran. Kinerja guru mempengeruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dipengaruhi juga oleh kompetensi dari masing-masing siswa. Teori Multiple Intelligence menawarkan berbagai cara belajar yang berorientasi pada kompetensi dominan yang dimiliki siswa. Sebagai perencana guru dituntut untuk memaksimalkan kemampuan membuat perencanaan sehingga hasil belajar dapat maksimal. Berdasarkan observasi awal peneliti menghadapi kenyataan bahwa masih ada guru yang belum mampu membuat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan program sekolah dan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Hal tersebut juga terjadi pada guru di SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Malang. Khususnya guru kelas rendah ( I ) dengan sistem pembelajaran Tematik. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran tematik berbasis multiple intelligence diharapkan dapat memberikan wacana bagi guru untuk membuat model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara maksimal . Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh guru dalam rancangan program pembelajaran mendiskripsikan penampakan kreatifitas kecerdasan ganda yang dimiliki siswa dampak pengiring dari proses pembelajaran dan hambatan-hambatan yang dihadapi pada penerapan model pembelajaran Tematik berbasis Multiple Intelligence di kelas I SD Muhammadiyah 9 Panglima Sudirman Kecamatan Klojen Kota Malang yang dilaksanakan tanggal 3 Maret 2006 sampai 12 Mei 2006. Rancangan Penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindak kelas yang terdiri dari 2 siklus. Pada tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu 1) Perancangan (planning) 2) Pelaksanaan (acting) 3) Pengamatan (Observing) dan 4) Refleksi (Reflecting). Analisa data dilakukan melalui esensi tindak guru dan ketuntasan belajar siswa. Langkah-langkah esensi tindakan guru dalam model pembelajaran Tematik adalah 1) Merencanakan pembelajaran sesuai cara Multiple Intelligence 2) Merencanakan dampak pengiring (kerjasama kemandirian tanggung jawab atau ketekunan ) 3) Melakukan proses pembelajaran sesuai cara Multiple Intelligence 4) Memberi tugas sesuai kompetensi 5) Melakukan layanan individu 6)Memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar 7) Memberi ulasan pada hasil siswa 8) Melakukan penilaian dengan berbagai cara. Hasil penelitian melalui observasi dan tes menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik berbasis multiple intelligence lebih memudahkan guru dalam memilih cara mengajar yang sesuai dengan karakter atau kompetensi yang dimiliki siswa dan adanya penampakan kecerdasan lain siswa yang semula tidak nampak menjadi tampak. Hal tersebut terbukti dari forto folio yang dihasilkan siswa dan hasil tes yang di ujikan dalam pencapaian indikator hasil belajar siswa menunjukkan bahwa terdapat penampakan kecerdasan spasial (gambar yang dihasilkan pada forto folio) antar personal linguistik maupun musikal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102457

Actions (login required)

View Item View Item