Pembelajaran matematika lealistik berbasis discovery untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas III SDN Kalisat I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2007/2008 / Diyana Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran matematika lealistik berbasis discovery untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas III SDN Kalisat I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2007/2008 / Diyana Fitriyah

Fitriyah, Diyana (2009) Pembelajaran matematika lealistik berbasis discovery untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas bangun datar siswa kelas III SDN Kalisat I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2007/2008 / Diyana Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagian besar guru masih mendominasi pembelajaran di dalam kelas dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang konvensional dimana kegiatan masih terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan kurang kebermaknaan siswa dalam pembelajarannnya pembelajaran juga terkesan jauh dari kehidupa yang sering ditemui siswa. Seakan akan pembelajaran menjadi terpisah dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan siswa tidak dapat mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupam sehari hari. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar matematika disusun untuk mengembangkan kemampuan dan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol tabel diagram dan media lain ( GBPP). Dengan demikian dilakukan upaya agar pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru melainkan pada siswa dan bagaimana pembelajaran dapat menjadi dekat dengan kehidupan siswa sehingga tidak terjadi verbalisme dalam hal ini akan digunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik yang berbasis Discovery sebagai upaya menyelesaikan masalah tersebut di atas. Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discoveri adalah sebuah pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik yang menggunakan metode penemuan dan sejalan dengan aliran konstruktivis dimana sebuah pengetahuan dibangun dari situasi yang dikenal siswa dan real di dalam benaknya kemudian dari masalah tersebut siswa diajak menyelesaikan masalah tersebut dengan model yang tidak formal ( mathematics and reflection) sebagai jembatan untuk menemukan model matematika formal yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang sejenis. Adapun langkah pelaksanaan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery adalah sebagai berikut a). Pemberian masalah kontekstual dan realistik b). Merumuskan permasalahan Pematimatisasian c). Membuat model penyelesaian sendiri d). Menemukan model matematika formal e). Membuat generalisasi f)Latihan. Dari uraian tersebut dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut a). Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery b). Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery c). Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery. Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara guru kelas dan peneliti yang dilaksanakan di Kelas III SDN Kalisat I Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa 23 yang terdiri dari 16 siswa dan 7 siswi dari tanggal 26 april sampai 13 mei 2008 Penelitian ini menggunakan lembar observasi pelaksanaan kegiatan dan soal tes sebagai instrument pengumpulan data Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sebelum pembelajaran dengan menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery diperoleh hasil belajar siswa pada pokok bahasan Luas Bangun Datar di kelas III dengan rata-rata 30 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 19 siswa ( 100%). Hasil penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery dapat dikemukakan sebagai berikut a). Siklus I rata-rata nilai post tes siswa adalah 78 1 dimana 15 siswa ( 83 3% ) mendapat nilai di atas rata-rata dan mengalami ketuntasan belajar individu yaitu 75. Sedangkan siswa di bawah rata-rata sejumlah 3 siswa ( 16 7 % ) dan belum mengalami ketuntasan belajar. b). Siklus II . Dari 19 siswa yang mendapat nilai antara 75-100 sebanyak 19 siswa (100 % ) dan yang mendapat nilai di bawah 60 tidak ada atau 0 % dengan rata rata kelas sebesar 94.2 % . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery sudah berhasil dengan persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar 89 5 % sedangkan prosentase banyaknya siswa yang belum tuntas belajar 10 5 %. Dari paparan di atas menunjukkan bahwa penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Discovery dapat memudahkan siswa dalam memahami soal matematika yang berbentuk soal cerita. Hal ini terbukti pada hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa. Bertitik tolak dari penemuan di atas beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dekat dengan kehidupan siswa. Tak hanya itu diharapkan guru dapat memberikan motivasi bahwa matematika sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari diharapkan motivasi itu juga tumbuh dari diri siswa sehingga siswa juga tidak sering bolos.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102456

Actions (login required)

View Item View Item