Hubungan antara pola pembelajaran dan kualitas berpikir divergen guru dengan kualitas berpikir divergen siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas V SDN di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Arsanti Dwi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pola pembelajaran dan kualitas berpikir divergen guru dengan kualitas berpikir divergen siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas V SDN di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Arsanti Dwi Utami

Utami, Arsanti Dwi (2010) Hubungan antara pola pembelajaran dan kualitas berpikir divergen guru dengan kualitas berpikir divergen siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas V SDN di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang / Arsanti Dwi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Arsanti Dwi. 2008. Hubungan Antara Pola Pembelajaran dan kualitas Berpikir Divergen Guru Dengan Kualitas Berpikir Divergen Guru Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SDN di Kecamatan Lowokwaru. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan PraSekolah. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1). Drs. H.Suhartono S.Pd (2). Dra. Purwendarti. M.Pd. Kata Kunci Berpikir divergen pola pembelajaran pemecahan masalah matematika Sebagian besar guru dalam penyampaian materi khususnya mata pelajaran matematika kepada siswa atau cara guru mengajar masih menggunakan metode yang konvensional yang kurang memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada siswa untuk memecahkan masalah-masalahnya dengan caranya sendiri sehingga pengetahuan yang diperoleh siswa cepat dilupakan. Siswa cenderung dituntut untuk memberikan jawaban yang benar menurut guru dan siswa kurang diberi kesempatan untuk memberikan alternatif-alternatif jawaban tertentu yang harus menumbuhkan kreativitasnya. Hal ini menyebabkan siswa kurang dapat memecahkan masalah dalam matematika baik di sekolah maupun di dalam kehidupan sehari-harinya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan pola pembelajaran matematika kelas V di SDN kecamatan Lowokwaru (2) Mendiskripsikan kualitas berpikir divergen guru dalam pemecahan masalah matematika kelas V di SDN kecamatan Lowokwaru (3) Mendiskripsikan kualitas berpikir divergen siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas V di SDN kecamatan Lowokwaru dan (4)Mendiskripsikan hubungan antara pola pembelajaran matematika dan kualitas berpikir divergen guru dengan kualitas berpikir divergen siswa dalam pemecahan masalah matematika kelas V di SDN kecamatan Lowokwaru Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu deskriptif korelasional. dalam bentuk penelitian survey waktu lalu (post time survey) yang tujuannya untuk mendeskripsikan keadaan yang ada dan terjadi di lapangan pada waktu tertentu sebelumnya yang dilaksanakan di kelas V SDN Kecamatan Lowokwaru dengan jumlah siswa yang diteliti 213 siswa 8 guru matematika kelas V. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan soal tes. Dari hasil analisa data pola pembelajaran dari 4 pola pembelajaran yang cenderung digunakan di sdn kecamatan Lowokwaru (8 SDN) adalah brainstorming (4 SDN) sedangkan kualitas berpikir divergen gurunya 5 guru berada pada kriteria sedang dan 3 guru berada pada kriteria tinggi. Kualitas berpikir divergen siswa dari 213 siswa sebagian besar dari 108 siswa kualitas berpikir divergen siswanya pada kriteria sedang 91 siswa kriteria rendah dan 9 siswa kriteria tinggi. Korelasi antara pola pembelajaran dan kualitas berpikir divergen guru dengan kualitas berpikir siswa adalah dengan nilai 614 651 Sedangkan nilai tabel untuk db 35 pada taraf kepercayaan 5 % adalah 22 5. maka hasilnya signifikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102455

Actions (login required)

View Item View Item