Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pandanwangi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ribut Widianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pandanwangi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ribut Widianti

Widianti, Ribut (2009) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pandanwangi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Ribut Widianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada pembelajaran IPA kelas V SDN Pandanwangi II Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas keterampilan proses yang dimiliki siswa kelas V SDN Pandanwangi II SDN Pandanwangi II Kecamatan Blimbing Kota Malang (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pandanwangi II Kecamatan Blimbing kota Malang. Berdasarkan tes formatif yang diberikan guru hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Pandanwangi 2 menunjukkan nilai 53. Dari 23 siswa sejumlah 12 siswa mendapatkan nilai di atas rata-rata kelas. Perbaikan yang ditempuh dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas V SDN Pandanwangi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Adapaun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada pembelajaran IPA kelas V SDN Pandanwangi II Kecamatan Blimbing Kota Malang (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan proses yang dimiliki siswa kelas V SDN Pandanwangi II SDN Pandanwangi II Kecamatan Blimbing Kota Malang (3) Apakah penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pandanwangi II Kecamatan Blimbing kota Malang Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut (1) Hasil observasi penerapan Pendekatan Keterampilan Proses siklus I adalah 87 1 % dengan kategori baik dan hasil observasi penerapan Pendekatan Keterampilan Proses siklus II adalah 94 4 % sehingga terjadi peningkatan penerapan Pendekatan Keterampilan Proses (2) Hasil observasi aktivitas keterampilan proses siswa siklus I adalah 79 % dengan kategori baik dan hasil observasi aktifitas keterampilan proses siswa siklus II adalah 84 7 % sehingga terjadi peningkatan aktifitas keterampilan proses siswa (3) Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 72 dengan kategori baik dan rata-rata hasil belajar siswa siklus II sebesar 73 dengan kategori baik sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan Proses hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pandanwangi 2 Kecamatan Blimbing Kota Malang mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102454

Actions (login required)

View Item View Item