Permainan ular tangga meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Pakisaji Malang / Nanik Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Permainan ular tangga meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Pakisaji Malang / Nanik Agustina

Agustina, Nanik (2009) Permainan ular tangga meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bilangan bulat siswa kelas IV SDN Kebonagung 06 Pakisaji Malang / Nanik Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

dasar suatu mata pelajaran. Oleh sebab itu guru yang mengajar mata pelajaran tertentu di Sekolah Dasar harus mampu menyampaikan konsep tersebut dengan benar dan mudah dipahami siswa. Untuk dapat membekali siswa dengan penguasaan konsep yang memadai maka kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran yang membuat siswa mudah menerimanya sangat diharapkan agar siswa menyenanginya. Hendaknya tidak dilakukan secara abstrak tetapi sedapat mungkin dilakukan dengan cara pembelajaran yang dimulai konkrit menuju abstrak dari hal-hal yang mudah ke hal-hal yang sulit atau dari sederhana ke kompleks. Sejalan dengan teori Piaget siswa Sekolah Dasar berusia 11-12 tahun mengalami tahap operasi konkrit. Dipadukan dengan pendapat Zoltan P. Dienes bahwa dalam mengajarkan konsep matematika melalui enam tahap salah satunya dengan metode permainan. Oleh sebab itu permainan ular tangga diterapkan dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Diharapkan dengan metode yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika. Adapun langkah pelaksanaan penggunaan permainan ular tangga dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah sebagai berikut a). Mengajak siswa bermain ular tangga b). Menerapkan permainan ular tangga dalam pembelajaran operasi bilangan bulat. Dari uraian tersebut dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut a). Bagaimana hasil belajar siswa sebelum digunakannya metode permainan ular tangga dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat b). Bagaimana hasil belajar siswa setelah digunakannya metode permainan ular tangga dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat c). Apakah penggunaan metode permainan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara guru kelas dan peneliti yang dilaksanakan di kelas IV SDN Kebonagung 06 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dengan jumlah siswa 46 yang terdiri dari 24 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki dari tanggal 1 sampai dengan 30 April 2008. Penelitian ini menggunakan lembar observasi pelaksanaan kegiatan dan soal tes sebagai instrumen pengumpulan data. Dari hasil observasi ditemukan data nilai rata-rata siswa pelajaran matematika pada ujian tengah semester 2 tahun 2007/2008 hanya mencapai 52 5. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa sebelum penggunaan permainan ular tangga hasil belajar siswa rata-rata mencapai 67 3 dengan jumlah siswa yang mendapat nilai kurang dari 70 sebanyak 22 siswa. Hasil penggunaan permainan ular tangga pada pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat dikemukakan sebagai berikut a). Siklus I rata-rata nilai post tes siswa adalah 72 9 dengan 29 siswa (63%) mendapat nilai 70-100 dan mengalami ketuntasan belajar individu. Sedangkan 17 siswa (37%) mendapat nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102453

Actions (login required)

View Item View Item