Penerapan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang luas bangun datar di kelas IV SDN Kalirejo V / Rizki Candra Septanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang luas bangun datar di kelas IV SDN Kalirejo V / Rizki Candra Septanto

Septanto, Rizki Candra (2009) Penerapan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika tentang luas bangun datar di kelas IV SDN Kalirejo V / Rizki Candra Septanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Kalirejo V Kabupaten Malang pada pokok bahasan Luas Bangun Datar yang diajar dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus karena pada siklus 1 belum memenuhi standar indikator keberhasilan. Pada tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan Tindakan (planning) (2) Pelaksanaan Tindakan (action) (3) Observasi (observation) (4) Refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Kalirejo V Kabupaten Malang yang berjumlah 45 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan indikator keberhasilan kelas sebesar 70% dan indikator individu setiap siswa mempunyai nilai minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan Konstruktivisme pokok Bahasan Luas Bangun Datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kalirejo V Kabupaten Malang. Hal ini dilihat dari perolehan skor tes yang meningkat dari nilai rata-rata sebelumnya (Pra Tindakan) 61 34 menjadi 68 56 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 77 13 pada siklus II. Pada siklus II sudah dicapai indikator keberhasilan kelas 68 89% siswa mempunyai nilai di atas 70 untuk pencapaian indikator individu masih terdapat 13 siswa yang berada di kisaran nilai antara 60 sampai 70. Hal ini dikarenakan 13 siswa tersebut termasuk anak yang lambat dalam belajar. Dampak dalam penggunaan Pendekatan Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Kalirejo V Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102450

Actions (login required)

View Item View Item