Ketersediaan koleksi kebahasaaraban: analisis sitiran skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tahun 2015-2017 di Self Access Center (SAC) Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Fitri Robiatul Adawiyah

Adawiyah, Fitri Robiatul (2018) Ketersediaan koleksi kebahasaaraban: analisis sitiran skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tahun 2015-2017 di Self Access Center (SAC) Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Fitri Robiatul Adawiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Adawiyah, Fitri Robiatul. 2018. Ketersediaan Koleksi Kebahasaaraban: Analisis Sitiran Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Tahun 2015-2017 di Self Access Center (SAC) Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Indoensia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Djoko Saryono, M. Pd. Pembimbing (II) Setiawan, S. Sos, M. IP. Kata Kunci: analisis sitiran, ketersediaan koleksi, Self Access Center (SAC) Sastra Arab Universitas Negeri Malang SAC adalah unit kelembagaan tempat mahasiswa dimungkinkan untuk belajar bahasa asing secara mandiri dan tidak hanya bergantung pada kegiatan di kelas. SAC Sastra Arab memiliki koleksi kebahasaaraban yang beragam dibandingkan dengan perpustakaan pusat maupun perpustakaan sastra Universitas Negeri Malang. Ketersediaan koleksi di SAC Sastra Arab perlu diperhatikan, agar koleksi yang tersedia mempunyai nilai guna yang tinggi sehingga kebutuhan mahasiswa Sastra Arab dapat terpenuhi. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah analisis kutipan, yang merupakan proses untuk menganalisis daftar rujukan dan kutipan dalam penelitian ilmiah. Dalam penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan paruh hidup literatur yang disitir oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, serta mencocokkan hasil dengan ketersediaan literatur dalam SAC Arabic Literatur di Universitas Negeri Malang. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik purposive sampling untuk mendapatkan data dan informasi dalam penelitian ini. Data diperoleh dari 30 tesis mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang membahas tata bahasa sebagai topik skripsi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar dokumentasi. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,9% mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab menggunakan buku sebagai referensi dalam skripsi mereka sementara 16,1% mahasiswa memperoleh referensi dari artikel jurnal, skripsi, situs web, dan jenis literatur lainnya. Berkenaan dengan pilihan bahasa dalam literatur yang disitir dalam skripsi terdapat 66,3% mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab memilih literatur bahasa Indonesia, 31,3% dari mahasiswa memilih literatur berbahasa Arab, dan 2,5% dari mahasiswa menggunakan bahasa Inggris sebagai literatur. Sehubungan dengan paruh hidup yang disitir terdapat 72,4% siswa menggunakan literatur yang dianggap valid. Sementara itu, 27,6% dari siswa menggunakan literatur yang dikategorikan sebagai tidak valid atau tidak update. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa ketersediaan koleksi literatur yang dimiliki oleh SAC Sastra Arab dikategorikan kurang baik karena ketersediaan literatur yang diperlukan oleh siswa Pendidikan Bahasa Arab untuk penulisan skripsi mereka hanya 49,1%. Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa SAC Sastra Arab di Universitas Negeri Malang harus mengevaluasi koleksi literatur kebahasaarabannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10245

Actions (login required)

View Item View Item