Kurnia, Ardhiyah Dwi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas siswa dan pengusahaan materi mata pelajaran IPS kelas III SDN Kotalama I Malang / Ardhiyah Dwi Kurnia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
SDN Kotalama I Malang merupakan sekolah yang menggunakan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2006-2007. Metode pembelajaran yang biasa digunakan di SDN Kotalama I ini adalah metode ceramah dan bersifat klasikal. Hasil observasi awal ditemukan kondisi tentang rendahnya penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa di dalam kelas cenderung ramai dan siswa tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar. Permasalahan ini dicoba diatasi dengan penerapan pendekatan konstruktivistik melalui model pembelajaran kooperatif yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan menuntut keaktifan siswa. Kegiatan belajarnya dilakukan secara kelompok oleh siswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka peroleh dan untuk menemukan konsep serta fakta yang diperoleh dari lingkungan sekitar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) penerapan pendekatan konstruktivistik dengan model pembelajaran kooperatif pada pelajaran IPS kelas III pokok bahasan lingkungan alam dan buatan. 2) peningkatan aktivitas siswa kelas III SDN Kotalama I Malang. 3) peningkatan penguasaan materi kelas III SDN Kotalama I Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan tes. Data yang dianalisis pada penelitian ini berupa penguasaan materi yang diperoleh melalui hasil penilaian proses belajar mengajar dan hasil penilaian terakhir pembelajaran yang di dapat dari nilai post-test dan aktivitas siswa diperoleh dari keaktifan siswa selama melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas III B SDN Kotalama I Malang dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2008-2009. jenis data yang dipakai dalam penelitian ini berupa nilai IPS LKS soal post-test sebanyak 15 soal lembar observasi penguasaan materi siswa lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut 1. Penerapan pembelajaran kooperatif dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana pembelajaran 2. Penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan penguasaan materi pada mata pelajaran IPS siswa kelas III SDN Kotalama I Kecamatan Kedungkandang Kota Malang 3. Penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran 4. Sesudah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif pada siklus I penguasaan materi siswa mendapat nilai rata-rata 67 sedangkan penguasaan materi siswa lebih meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88 64. Pembelajaran dengan metode kooperatif perlu diterapkan di kelas karena dapat meningkatkan penguasaan materi dan meningkatkan aktivitas siswa. Dengan dibentuk kelompok siswa dapat saling membantu dalam melakukan suatu kegiatan. Ide-ide yang diutarakan siswa dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran yang tepat dan mudah dipahami oleh siswa. Guru hendaknya mengembangkan potensi diri siswa dengan cara mengemukakan pendapat menyampaikan sanggahan dan lebih aktif dalam jalannya diskusi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/102448 |
Actions (login required)
View Item |